Punya Gelas Kaca Kusam? Jangan Dibuang Bunda, Kilaukan dengan Cara Ini!

Share artikel ini:
Gelas Kaca via Sozoofmine.com

Gelas Kaca via Sozoofmine.com

Gelas kaca, kristal, ataupun beling tentu selalu ada di rumah Anda. Gelas ini memang terlihat cantik untuk menjamu kerabat yang singgah di rumah. Untuk pemakaian harian pun gelas ini terlihat mudah dan praktis.

Namun, karena umur pemakaian atau kesalahan dalam pencucian, sering kali gelas-gelas kaca ini menjadi tampak kusam, buram, dan keruh. Hal ini tentu membuat tampilan gelas menjadi berkurang nilai estetikanya. Minuman yang disajikan pun tak lagi tampak menarik.

Alih-alih membuang gelas-gelas tersebut, ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mengilapkan kembali gelas-gelas kaca ini. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tips  ala Dunia Masak berikut ini.

Cara Membersihkan

Sebelum membersihkan warna kusam pada gelas-gelas kaca, ada beberapa bahan yang perlu Anda siapkan. Bahan yang Anda butuhkan pun sangat sederhana, Anda hanya memerlukan baking soda, sabun pencuci piring, air hangat, dan juga cuka/jeruk nipis.

Baca lainnya  Panci Tepat, Masak Mantap! Kenali Macam Panci Sebelum Anda Gunakan

Untuk membersihkan, pertama-tama ambil air hangat, sabun pencuci piring, dan baking soda. Lalu campur ketiga bahan tersebut menjadi satu. Setelah itu, ambil gelas kaca yang ingin dibersihkan tadi, dan masukkan ke dalam larutan tersebut. Rendam beberapa saat hingga buram pada gelas berangsur-angsur menghilang.

Setelah buram pada gelas kaca mulai menghilang, Anda bisa mencucinya seperti biasa. Untuk membilas, gunakan air yang sudah dicampur dengan cuka atau jeruk nipis. Tujuannya: untuk mengembalikan kilau pada gelas kaca Anda.

Setelah semua langkah selesai, jangan lupa untuk mengelap hingga kering gelas-gelas tersebut. Anda bisa menggunakan serbet kertas untuk mengeringkan gelas kaca. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan serbet kain. Serbet kain dapat meninggalkan serabut-serabut tipis pada gelas kaca Anda.

Baca lainnya  Tips Memulai Bisnis Kue Rumahan Yang Menguntungkan

Nah, agar gelas kaca Anda terhindar dari noda kusam, sebaiknya lakukan proses pembersihan ini secara berkala. Terlebih, jika gelas-gelas ini kerap Anda gunakan untuk membuat teh maupun kopi. Teh dan kopi dapat membuat gelas kaca Anda semakin cepat keruh ataupun buram.

Sementara itu, untuk menjaga gelas kaca Anda tidak mudah keruh saat disimpan. Letakkan gelas tersebut di suhu ruangan yang ada ventilasi udaranya. Penyimpanan di ruangan yang lembab hanya akan membuat gelas Anda semakin cepat buram.

Demikian tips membersihkan noda keruh pada gelas kaca ala Dunia Masak. Jika noda tersebut tetap membandel, berarti sudah saatnya mengganti gelas kaca Anda. Jika tertarik melihat koleksi gelas kaca yang unik dan cantik, Anda bisa melihatnya di sini. Semoga bermanfaat Sahabat Duma, kilaukan kembali gelas kaca Anda, ya!

 

 

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!