Rekomendasi Menu MPASI dari Ikan Air Tawar

MPASI ikan air tawar via freepik ala duniamasak

Banyak jenis ikan yang dapat digunakan untuk membuat menu MPASI. Salah satunya adalah dengan ikan air tawar. Ikan ini merupakan bahan makanan yang memiliki banyak nutrisi dan berguna untuk tubuh. Kandungan yang dimilikinya antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Berikut ini DuMa ingin memberikan rekomendasi beberapa jenis ikan air tawar yang bisa dijadikan menu MPASI bagi si bayi.

4 Ikan Air Tawar untuk Menu MPASI

Ikan air tawar untuk menu MPASI via freepik ala duniamasak
Ikan air tawar via freepik

Ikan Gurame

Ikan Gurame mempunyai tekstur yang kenyal dan tidak terlalu banyak memiliki duri sehingga mudah diproses sebagai bahan menu MPASI. Walaupun harganya yang cenderung mahal, namun ikan ini memiliki banyak peminat dari segala kalangan.

Baca lainnya  Ide Olahan Makanan Diet dengan Sayur: Cara Ala Model

Ikan Lele

Ikan yang satu ini pasti sudah banyak dijumpai dimana-mana oleh masyarakat Indonesia. Harganya pun sangat terjangkau. Ikan lele memiliki kandungan vitamin A, asam lemak tidak jenuh, omega-3, dan omega-6. Perlu diketahui bahwa sebaiknya lele dimasak secara benar dan sehat yang tidak menggunakan banyak minyak dan garam.

Ikan Mujair

Jenis ikan air tawar yang satu ini pun juga populer karena kandungan gizi dan nutrisi. Ikan mujair mempunyai kandungan fosfor, protein, lemak omega 3, sodium, kalium, dan selenium. Ikan ini juga sangat mudah diolah bersama berbagai masakan Indonesia.

Ikan Nila

Selain tiga ikan diatas, terdapat satu ikan lagi yang bisa dijadikan menu MPASI si bayi. Ikan nila mengandung asam lemak omega-3, protein, mineral, dan fosfor. Kandungan-kandungan tersebut akan membantu kecerdasan dan tumbuh kembang si bayi.

Baca lainnya  Intip Pembuatan Salad Buah & Saus Salad dengan Gizi Tinggi Yuk!

Demikian rekomendasi 4 ikan air tawar yang bisa dijadikan menu MPASI. Dengan kreativitas tanpa batas, ibu bisa membuat menu yang menarik bagi si bayi. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bayi bisa diberikan menu MPASI dengan ikan air tawar karena ada beberapa yang mempunyai alergi terhadapnya. Akan lebih baik, jika dikonsultasikan dahulu dengan dokter anak untuk perihal menu MPASI yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan si bayi. Jika si bayi tidak ada alergi, maka aman untuk memberikan menu MPASi yang disukai.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!