Kenali Mesin Pengukus atau Steamer ini!

Kenali Mesin Pengukus atau Steamer dijual di Duniamasak.com

Sahabat Duma pernah mendengar mesin pengukus atau steamer sebelumnya? Ya, alat ini populer dengan nama mesin steamer pengukus. Manfaat dari mesin ini adalah dapat memanaskan, mengolah masakan, serta menstabilkan suhu yang terjaga ketika kita mengolah bakpao ataupun makanan lainnya. Apalagi kita sudah tahu bahwa makanan khas ini tak pernah lekang oleh waktu dan selalu memiliki banyak peminat. Cara membuat bakpao tentunya menggunakan kukusan atau steamer sebagai karakteristiknya. Nah bagi sahabat Duma yang sedang bingung dan sedang mencari mesin pengukus atau steamer lebih baik kita cari tahu dahulu fungsinya!

Cari Tahu Mesin Pengukus atau Steamer

Mesin Kukus Steamer 3 Decks Gas Turbo Blower Steamer GETRA 3DGFS-9082 dijual di Duniamasak.com Mesin Pengukus atau Steamer
Mesin Kukus Steamer 3 Decks Gas Turbo Blower Steamer GETRA 3DGFS-9082 dijual di Duniamasak.com

Makanan yang dikukus ini memang diyakini lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan makanan yang digoreng. Apalagi dengan menggunakan mesin kukus atau steamer kita dapat mengetahui proses pengukusan pada bakpao atau makanan lainnya sehingga hasilnya pun lebih sempurna. Ya, dengan demikian kita dapat menghasilkan bapkao atau makanan lainnya dengan tingkat kematangan yang baik dan juga citarasa yang lezat. Tak heran bila beberapa orang yang memiliki usaha bakpao maupun jenis roti lainnya wajib memiliki mesin kukus atau steamer ini. Apalagi penggunaan mesin pengukus ini sangatlah sederhana ya sahabat Duma! Yuk kita lihat bagaimana mesin pengukus ini beroperasi serta apa manfaat jika menggunakan mesin pengukus ini?

Baca lainnya  Tips Menyimpan Gelas Ukur Dapur Ala Tim Duma

Cara Mesin Pengukus atau Steamer Berkerja

Mesin Kukus Bakpau Steamer GETRA WSSP730U dijual di Duniamasak.com Mesin Pengukus atau Steamer
Mesin Kukus Bakpau Steamer GETRA WSSP730U dijual di Duniamasak.com

Mesin pengukus bekerja diselaraskan dengan daya tampung dalam produksinya. Alat ini menjadikan air dalam wadah penyimpanan selanjutnya melepaskan uap air ke semua komponen yang ada dalam mesin pengukus. Uap yang mengalir berfungsi untuk menyempurnakan adonan seperti bakpao atau dimsum menjadi matang. Uap yang mengalir juga dapat diatur suhunya disesuaikan dengan kebutuhan. Terdapat pembuangan sisa uap berlebih yang dialirkan pada lubang khusus yang juga berfungsi untuk mengeluarkan aroma bakpao yang sedang dikukus.

Manfaat Mesin Kukusan atau Steamer

Mesin Kukus Steamer Gas REYOVEN 10 Tray dijual di Duniamasak.com Mesin Pengukus atau Steamer
Mesin Kukus Steamer Gas REYOVEN 10 Tray dijual di Duniamasak.com
  • Menjaga tekstur makanan – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mesin pengukus ini dibekali dengan pengaturan suhu yang membuat suhu dalam mesin stabil. Hal itu membuat adonan bakpao pun sempurna dan teksturnya yang lembut serta memanjakan lidah. Tekstur pada bakpao yang padat dan juga empuk sangat dipengaruhi pada penggunaan mesin pengukus atau steamer.
  • Makanan menjadi matang berkualitas – Adonan bakpao memiliki tekstur yang mudah mengembang dan juga mudah sekali mengempis. Oleh sebab itu dibutuhkan alat yang dapat mengukus dengan baik atau biasa disebut dengan steamer. Dengan pengaturan suhu yang ada didalam mesin steamer, maka kita dapat mengatur sesuai dengan suhu yang diperlukan.
  • Hemat biaya – Dengan menggunakan mesin steamer tentunya biaya yang dikeluarkan dalam produksi tidak sebanyak ketika kita menggunakan kukusan biasa. Kapasitas mesin yang dapat mengolah makanan dengan jumlah besar tidak perlu diragukan lagi. Tak heran bila penggunaan mesin ini sangatlah hemat biaya.
  • Awet – Makanan yang diolah dengan mesin kukusan atau steamer ini dapat bertahan lama atau awet. Dikarenakan dengan memanfaatkan suhu yang tepat kita dapat membuat bakpao tetap terasa lembut dan fresh.
Baca lainnya  Resep Mie Tek-tek Spesial untuk Makan Malam Keluarga
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!