4 Rempah-Rempah Indonesia yang Jarang Diketahui Ini Kaya Manfaat

Rempah-Rempah Indonesia via pixabay.com

Indonesia merupakan negara yang terkenal kaya akan rempah-rempah. Berbagai macam Jenis rempah-rempah Indonesia sangat terkenal di kancah mancanegara. Rempah-rempah merupakan tumbuhan yang mempunyai rasa dan aroma yang sangat kuat. Selain bumbu masak, rempah-rempah biasa digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan, pengobatan tradisional, sebagai pengawet dan perisa makanan. Namun, terdapat banyak rempah-rempah asli nusantara Indonesia, yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Apa aja sih? yuk kita simak penjelasan tim DuniaMasak berikut!

Rempah-rempah Indonesia

Rempah-rempah Indonesia via www.jitunews.com

Rempah-rempah Indonesia via www.jitunews.com

Andaliman

Andaliman via www.tribunnews.com

Andaliman via www.tribunnews.com

Masih sedikit orang yang tahu tentang rempah-rempah bernama Andaliman ini. Penggunaannya masih sangat sedikit, dan belum meluas ke berbagai daerah di Indonesia serta produksi tanamannya yang terbatas. Andaliman biasanya digunakan sebagai pengganti merica untuk makanan khas batak. Maka dari itu disebut juga sebagai merica batak.

Baca lainnya  Makanan Ringan Khas Bandung Yang Terkenal Enak

Andaliman mempunyai nama latin Zanthoxylum acanthopodium. Rasa menggigitnya yang khas jika digunakan sebagai bahan makanan selalu dapat kamu temui pada makanan khas batak. Terutama makanan arsik dan sambal tuktuk khas batak.

Kayu Secang

Kayu Secang via www.bukalapak.com

Kayu Secang via www.bukalapak.com

Rempah yang satu ini biasanya digunakan menjadi bahan baku minuman khas Yogyakarta, wedang uwuh. Kayu secang mempunyai banyak nama di Indonesia. Seperti misalnya di Aceh akan disebut seupeueng, di Minangkabau disebut lacang, dan di Jawa dan Sunda secang.

Manfaat dari kayu secang sendiri cukup banyak baik dari bahan minuman maupun kesehatan. Seperti misalnya dengan mengkonsumsi kayu secang akan membantu untuk menurunkan kadar lemak, obat diare dan batuk, antioksidan, dan sebagainya.

Mesoyi

Mesoyi via www.viva.co.id

Mesoyi via www.viva.co.id

Rempah-rempah yang satu ini masih satu jenis dengan kayu manis. Tinggi pohon bisa mencapai 25 meter ditambah diameter 30 cm. Sedangkan kulit kayunya yang tebal kira-kira 0,5 cm menjadikan Mesoyi menjadi rempah jenis kayu yang cukup tebal dari yang lain. Kulit kayu inilah yang menjadi bahan rempah dengan aroma wangi yang sangat khas dan terkenal bernama Massoia Lactone.

Kemukus

Kemukus via aylayumna.blogspot.co.id

Kemukus via aylayumna.blogspot.co.id

Kemukus masih terdengar asing walau berasal dari Indonesia. Terutama banyak diketemukan di daerah Sumatra dan Jawa. Tanaman yang mempunyai nama latin Piper cubeba L. ini sering digunakan menjadi bahan masakan di Indonesia.

Baca lainnya  Keuntungan Menggunakan Panci Steamer Bima

Ciri-ciri tanaman ini dalam bentuk kering adalah bijinya yang keras, terkesan berminyak, dan mempunyai warna putih. Sedangkan bagian yang biasanya dimanfaatkan merupakan bagian buah dan minyak atsiri. Biasanya digunakan untuk mengobati rasa sakit, meningkatkan fungsi pencernaan, cegukan, mual, dan lain-lain.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!