Mencoba Pola Makan Pescatarian: Apa yang Perlu Diketahui

Pescatarian adalah istilah untuk menyebut seseorang yang memilih untuk mengonsumsi makanan berbasis tumbuhan dan ikan, namun tidak termasuk daging dan unggas dalam pola makan mereka. Pescatarian merupakan kombinasi dari kata “pesce” yang berarti ikan dalam bahasa Italia dan kata “vegetarian”. Pola makan pescatarian semakin populer belakangan ini karena banyak manfaat yang ada bagi kesehatan dan lingkungan.

Mengenal lebih dekat Pola Makan Pescatarian: Apa itu dan Bagaimana Memulainya

Mencoba Pola Makan Pescatarian: Apa yang Perlu Diketahui Pescatarian via freepik/freepik ala tim duniamasak.com
Pescatarian via freepik/freepik

Salah satu manfaat paling mencolok dari pola makan pescatarian adalah dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena konsumsi ikan yang tinggi dapat menyediakan asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yaitu:

Kesehatan otak

Pola makan pescatarian juga dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan otak. Asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan memiliki peranan penting dalam perkembangan dan fungsi otak. Dengan mengonsumsi ikan secara teratur, otak dapat mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kinerjanya.

Pencernaan

Pescatarian juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam makanan berbasis tumbuhan seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, mengonsumsi ikan juga dapat membantu memperbaiki keseimbangan bakteri baik dalam usus, yang berperan penting dalam kesehatan pencernaan.

Baca lainnya  Mamayu Kitchen “Solusi Meredam Rasa Lapar”

Mengurangi resiko obesitas

Selain manfaat kesehatan di atas, pola makan ini juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya obesitas dan diabetes. Karena makanan ini adalah makanan yang rendah lemak jenuh dan kolesterol, serta kaya serat dan nutrisi, pola makan ini dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat dan mencegah terjadinya resistensi insulin.

Menjaga kelestarian sumber daya laut

Tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, pola makan ini juga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan. Pescatarian menggunakan konsep “tangkapan yang berkelanjutan” dalam mengonsumsi ikan, yang berarti ikan yang ditangkap adalah ikan yang jumlahnya masih cukup dan tidak merusak ekosistem laut. Dengan demikian, pola makan ini dapat membantu menjaga kelestarian sumber daya laut.

Meskipun memiliki banyak manfaat, pola makan pescatarian juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah risiko kekurangan protein dan nutrisi tertentu seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Oleh karena itu, penting bagi pescatarian untuk memperhatikan pengganti yang tepat untuk nutrisi yang tidak ada dari ikan.

Secara keseluruhan, pola makan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga lingkungan. Namun, seperti halnya dengan pola makan lainnya, pola makan ini juga membutuhkan pemenuhan nutrisi yang tepat agar tetap seimbang dan memberikan manfaat yang optimal. Jadi, jika Anda tertarik untuk mencoba pola makan pescatarian, pastikan untuk memperhatikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang serta berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan pola makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Baca lainnya  Olahan Cemilan dari Buah ini Harus Kamu Cobain Dirumah, Mudah Dibuat & Sehat!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan