Resep Knedle, Makanan Khas Negara Eropa!

Sahabat Duma pernah mendengar tentang makanan knedle? Jika belum maka saatnya mencari tahu bersama tim Duniamasak.com. Knedle sendiri merupakan hidangan yang berbahan dasar kentang rebus dengan isian aprikot atau plum. Knedle sangat terkenal di negara-negara Eropa Tengah dan Timur diantaranya adalah Serbia, Polandia, Hongaria dan Slovakia. Biasanya knedle dijadikan makanan penutup atau sebagai lauk. Nah sahabat Duma mulai penasarankan bagaimana membuatnya? Yuk intip resep knedle yang dapat sahabat Duma buat di rumah!

Resep Knedle, Hidangan Enak Nan Lezat

Resep knedle via ddl.r ala tim duniamasak.com
Knedle via ddl.r

Walaupun knedle dikenal sebagai pangsit plum namun beberapa negara memiliki sebutan tersendiri untuk hidangan yang satu ini. Di Hongaria saja knedle disebut dengan nama szilvásgombóc, sedangkan di Polandia disebut dengan Knedle ze śliwkami. Cara membuat knedle pun cukup mudah sahabat Duma hanya perlu mengikuti resep knedle yang Duma berikan dibawah ini:

Bahan-bahan:

Untuk adonan

  • ¼ std garam
  • 1 sdm mentega cair
  • 8 buah plum
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 butir telur
  • 500 gr kentang
  • 150 gr tepung serbaguna

Untuk lapisan

  • 1 sdm gula pasir
  • 3 sdm mentega cair
  • 50 gr tepung roti
  • 50 gr kacang tanah bubuk
Baca lainnya  Fungsi Dari Bebagai Jenis Penjepit Makanan
Cara membuat:
  1. Kupas kentang dan bersihkan.
  2. Kemudian rebus kentang hingga empuk dan matang dilanjutkan dengan menghaluskan kentang.
  3. Diamkan kentang yang sudah halus hingga dingin.
  4. Setelah kentang dingin, tambahkan garam, gula, tepung, mentega dan juga telur. Tepung yang ditambahkan harus sedikit demi sedikit sambil mengaduk adonan. Buat adonan hingga mencapai tekstur yang lembut.
  5. Jika adonan sudah pas, selanjutnya bagi adonan menjadi sembilan bagian. Tambahkan sedikit tepung pada bagian permukaan tepung.
  6. Cuci plum dan pisahkan dari bijinya. Jika ukuran buah plum dirasa cukup besar, sahabat Duma dapat membelahnya dan menyesuaikan dengan ukuran adonan. Masukkan plum kedalam adonan dan ratakan adonan hingga menutup rata buah plum. Jika adonan tidak dapat ditutup sahabat Duma cukup menambahkan air agar adonan terbungkus merata.
  7. Rebus adonan berisi plum hingga matang pada panci stainless steel. Jika adonan mengapung maka adonan sudah matang.
  8. Sambil menunggu adonan matang, sahabat Duma dapat membuat adonan lapisannya.
  9. Campurkan tepung roti, kacang tanah bubuk, gula dan mentega. Angkat adonan yang sudah matang dan gulung knedle hingga dilapisi remahan roti.
  10. Knedle siap disajikan bersama keluarga tercinta.
Baca lainnya  Apa Perbedaan Keranjang Buah Plastik dan Rotan?
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan