Intip Cemilan Rujak Buah dengan Kuah yang Beragam yuk!

rujak buah dengan aneka kuah ala duniamasak via goodindonesianfood.com

Kamu bosan dengan cemilan rujak buah dengan kuah yang itu-itu saja? Biasanya rujak buah bisa dikombinasikan dengan kuah yang bermacam-macam. Kamu bisa mencoba rujak dengan berbagai kuah yang berbeda dibawah ini! Yuk intip proses pembuatannya!

Rujak Buah Plus Variasi Kuah yang Enak!

Rujak buah via travelingyuk.com

Rujak buah via travelingyuk.com

Oiya sahabat duma, sebelum kamu mengintip proses pembuatannya, kamu simak beberapa fakta tentang rujak dulu yuk! Bukan hanya enak dijadikan camilan, dalam budaya Jawa, rujak jadi salah satu unsur penting dalam upacara tujuh bulanan. Saat usia kandungan sudah memasuki usia tujuh bulan, perempuan hamil akan menjalani upacara tujuh bulanan. Salah satu makanan yang wajib ada dalam upacara itu ialah rujak. Kepercayaannya ialah jika rujak terasa pedas, bayi yang lahir dipercaya laki-laki. Sebaliknya, jika rujak terasa enak dan bumbunya pas, bayi yang akan lahir dipercaya ialah perempuan. Unik ya! Nah, berikut olahan kuah rujak yang bisa kamu coba!

1. Rujak Manis

Seperti namanya, rujak manis disajikan dengan saus manis pedas yang enak banget. Penyajian rujak ini sederhana, seperti salad buah. Mangga muda, bengkuang, pepaya mengkal, kendondong, jambu, belimbing, dan berbagai buah lainnya diiris tipis lalu disiram bumbu rujak yang terbuat dari gula jawa, kacang tanah, asam, garam, jeruk nipis, dan cabai. Cara membuatnya juga sangat mudah. Biasanya rujak yang satu ini dijual di berbagai tempat, dari pinggir jalan hingga restoran.

Baca lainnya  Penderita Tipus Konsumsilah Makanan Ini Agar Cepat Pulih

2. Rujak Gobet atau Serut

Rujak yang satu ini berasal dari Kota Surabaya. Yap, kota Surabaya mempunyai rujak buah yang segar, yakni rujak gobet. Aneka buah seperti kedondong, bengkoang, mangga, nanas, ketimun, ubi jalar, dan jeruk Bali diserut kasar dan direndam bumbu rujak bercitarasa pedas, manis, dan gurih. Segar banget! Nah, rujak gobet ini nih sering disajikan dalam acara pernikahan, khitanan, dan ritual kehamilan 7 bulan seperti yang telah tim kami jelaskan di atas.

3. Rujak Es Krim

Lebih menarik lagi jika kamu mencoba rujak dengan es krim. Lebih segar dan enak. Sajian ini sering ditemukan di Yogyakarta. Pada dasarnya, rujak es krim ialah rujak serut yang diberi kuah sambal dan topping es puter berbahan dasar santan. Segar banget saat cuaca panas!

Baca lainnya  Berikut Ini 5 Buah yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

4. Rujak Kuah Pindang

Rujak yang satu ini asli dari Bali. Rujak kuah pindang disajikan dengan bumbu yang terdiri dari garam, terasi, gula, dan cabai lalu diguyur kuah pindang. Kuah pindang merupakan semacam kaldu ikan. Kuah pindang didapat dengan merebus ikan bersama serai, daun salam, dan garam. Rasanya sedikit amis, tapi bakal bikin kamu ketagihan. Umumnya, rujak kuah pindang berisikan mangga muda, pepaya mengkal, dan kedondong yang diiris tipis dengan pisau gobet.

5. Rujak Terasi

Berani menyantap rujak berkuah merah? Jika iya, kamu wajib coba rujak terasi khas Lombok. Umumnya komposisi buah sama dengan rujak lainnya. Hal yang berbeda hanya karena menggunakan dua saus, yakni gula merah dan kuah merah. Kuah merah itu terbuat dari cabai rawit dan terasi. Kamu pecinta pedas, wajib coba ini!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!