Tetap Olahraga Selama Bulan Puasa? Siapa Takut!

Tetap Olahraga Selama Ramadhan via www.justrunlah.com

Sahabat duma, bagi kamu yang belum terbiasa tetap olahraga selama bulan puasa, berikut tim DuniaMasak berikan saran dan tips agar selama bulan puasa kamu bisa tetap olahraya ya! Kapan sih waktu yang tepat untuk olahraga selama bulan puasa? Temukan jawabanmu di  bawah ini!

Tips Tetap Olahraga Selama Bulan Puasa

Tetap olahraga via pixabay.com

Tetap olahraga via pixabay.com

Waktu Olahraga

Pertama-tama kamu harus perhatikan waktu olahragamu. Agar menjaga kebugaran selama bulan puasa, kamu perlu tetap olahraga dengan teratur. Sebenarnya olahraga tidak baik dilakukan saat berpuasa. Hal ini disebabkan saat berpuasa perut dalam keadaan kosong. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada saat setelah berbuka, ataupun beberapa menit sebelum berbuka sekitar 30-60 menit menjelang berbuka. Nah ngabuburit mu bermanfaat tuh diisi dengan berolahraga.

Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Puasa

Selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah jenis olahraga yang akan kamu kerjakan. Lakukan jenis olahraga yang biasa kamu lakukan. Namun, sebaiknya lakukan jenis olahraga intensitas ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging, dan bersepeda. Sebaiknya kamu jangan mencoba intensitas olahraga yang lebih tinggi. Kamu sebaiknya mengontrol kemampuanmu untuk melakukan olahraga.

Baca lainnya  Cabe Terpedas Di Dunia, Berani Coba?

Asupan Makanan yang Diperlukan

Tipsnya adalah konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat berbuka puasa untuk memaksimalkan cadangan glikogen otot dan kemudian konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi saat sahur untuk memperlambat pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong. Ini merupakan strategi untuk mengurangi perasaan cepat lapar selama berpuasa dan juga mempertahankan energi sampai olahraga dimulai. Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan tubuh. Makanlah makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, daging, dan telur.

Banyak Minum

Dehidrasi dapat terjadi saat berolahraga apalagi dilakukan pada saat cuaca panas. Sehingga untuk mencegah hal ini terjadi, asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari. Selain itu, kamu juga disarankan untuk membatasi melakukan aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat di siang hari saat puasa dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan tubuh hilang melalui keringat. Maka dari itu, lakukanlah olahraga sesuai saran tim duma di atas.

Baca lainnya  THE QUATTRO OF MICE DISCOVERY Indonesia: Asia’s Next Top Destination

Perhatikan Lama Tidur

Demi menjaga tubuh tetap prima saat bulan Ramadan, waktu tidur harus cukup. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang akan membantu mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!