Tips Agar Roti Tetap Lembut & Tahan Lama

Tips Agar Roti Tetap Lembut & Tahan Lama via freepik ala tim duniamasak.com

Roti yang umumnya kita konsumsi memang cepat membuat perut terasa kenyang. Alhasil roti tersebut masih tersisa cukup banyak dan kita berniat untuk menyimpannya. Namun, penyimpanan roti yang tidak benar akan membuat roti mengeras dan terasa tidak selezat seperti sebelumnya. Hal itu tentu membuat kita kurang berselera untuk menyantapnya kembali. Yuk simak tips agar roti tetap lembut dan tahan lama bersama tim Duniamasak!

Agar Roti Tetap Lembut Simpan dengan Benar

Tips Agar Roti Tetap Lembut & Tahan Lama Roti gandum via lifestyle.kompas.com
Roti gandum via lifestyle.kompas.com

Menyimpan roti untuk dikonsumsi kembali pastinya kita ingin roti tersebut tetp terjaga kelembutannya dan tahan lama. Harapannya roti tetap lembut meskipun disimpan berhari-hari. Kenyataanya bila roti yang disimpan mudah sekali mengeras dan tidak selembut pertama kali kita mengonsumsi. Berikut ini adalah tips agar roti tetap lembut:

Baca lainnya  Berbeda dari yang Lain, Yuk Coba Santapan di Warteg Kekinian Ini!

Bungkus dengan plastik

Ketika roti yang sudah dingin dan kita ingin menyimpannya. Sebaiknya bungkus roti dengan plastik. Satu roti menggunakan satu bungkus plastik. Hal tersebut untuk mencegah cairan yang ada pada roti menguap. Sehingga kelembutan roti pun terjaga dan dan dapat bertahan lama. Cara tersebut ampuh tidak lebih dari sehari ya sahabat Duma!

Simpan dalam freezer

Bila menggunakan plastik masih dirasa kurang sahabat Duma dapat menyimpan roti kedalam freezer. Ya, roti yang beku ternyata dapat bertahan lama hingga seminggu tingkat kelembutannya. Caranya pun sangat mudah ketika ingin menyantap roti kembali cukup keluarkan roti dalam freezer tunggu kurang lebih hingga setengah jam suhu ruangan. Roti pun akan kembali lembut seperti semula. Oh yah, cara ini dilakukan ketika kondisi awal roti masih lembut ya sahabat Duma! Roti tawar juga dapat menggunakan cara ini agar tetap lembut.

Baca lainnya  Kesalahan Dalam Mengukus Nasi, Jangan Pernah Melakukan Ini!

Kukus roti

Kita dapat memanfaatkan kukusan di rumah kita untuk menjaga kelembutan roti. Cara ini sangatlah ampuh mengembalikan tekstur roti yang kembali lembut namun menjadi sedikit berair. Sangat tidak disarankan memasukkan roti ke dalam oven karena hanya membuat roti semakin mengering dan keras.

Dengan mengetahui cara-cara diatas, sahabat Duma tidak perlu khawatir lagi terhadap roti yang mudah mengeras. Selamat dicoba di rumah!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!