Tips Membersihkan Kulkas dengan Praktis

Tips Membersihkan Kulkas via freepik.com

Yuk Membersihkan Kulkas di Rumah-mu!

Sahabat duma, kebersihan adalah kunci dari kesehatan. Jika kita membiasakan hidup bersih, secara bersamaan kesehatan kita juga terjaga. Salah satu yang harus kita jaga kebersihannya adalah makanan. Sering kali kita menyimpan makanan di dalam kulkas hingga berhari-hari, sehingga menyebabkan kulkas menjadi bau dan makanan lain yang di simpan di dalam kulkas-pun menjadi bau. Kamu mungkin sering mengeluh dengan sulitnya merawat kebersihan kulkas. Nah, berikut DuniaMasak punya solusi buat kamu nih untuk membersihkan kulkas. Cek beberapa tipsnya di bawah ya!

Siapkan Pembersih

Membersihkan Kulkas via Health.liputan6.com

Membersihkan Kulkas via Health.liputan6.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan cairan pembersih.  Untuk cairan pembersih, kamu bisa menggunakan cairan pembersih yang aman dan tidak mengandung senyawa kimia terlalu pekat. Lebih baik lagi jika kamu bisa membuat larutan pembersih sendiri. Kamu bisa membuatnya dengan praktis misalnya air yang dicampur dengan cuka dengan perbandingan 1:1. Siapkan kain lap untuk membersihkan kotoran, untuk membilas bagian dalam, dan untuk mengeringkan lemari es. Siapkan juga sikat gigi bekas jika diperlukan untuk menyikat sela-sela rak yang kotor.

Keluarkan Makanan Dari Kulkas

Sebelum mulai membersihkan kulkas, keluarkan makanan dari dalam kulkas, pilah-pilah sesuai keadaan bahan makanan dan jenis makanan yang mudah basi. Buang bahan makanan yang telah busuk agar tidak menyebarkan bau busuk dan kuman pada makanan lain yang masih segar. Setelah mengeluarkan makanan dari kulkas, kamu sebaiknya menyusun makananmu ke dalam wadah atau tempat penyimpan makanan. 

Keluarkan Rak dan Laci

Kulkas GEA via DuniaMasak.com

Kulkas GEA via DuniaMasak.com

Rak dan laci yang telah dilepas dari kulkas bisa direndam di dalam air hangat yang telah diberi detergen anti bakteri sebelum disikat sampai bersih. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membersihkan kulkas! Agar kuman yang menempel dan bau tidak sedap menghilang.

Baca lainnya  9 Mie Favorit Asian yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

Mengeringkan Bagian Dalam Kulkas

Bagian dalam kulkas juga perlu dibersihkan secara menyeluruh, khususnya bagian ujung-ujung rak yang harus kamu bersihkan secara teliti. Bersihkan noda yang menempel secara maksimal. Gunakan sikat gigi bekas jika diperlukan. Pada bilasan terakhir, kamu bisa membasuh bagian dalam kulkas dengan perasan air lemon untuk memberikan aroma segar dan menghilangkan bau pada kulkas. Setelah semua bagian bersih, jangan lupa untuk mengeringkan kulkas dengan kain lap bersih.

Membersihkan Freezer

Jika kulkasmu adalah kulkas satu pintu, jangan biarkan bunga es mencair begitu saja karena nanti air akan memenuhi bagian bawah freezer. Sebaiknya ketika bunga es sudah mulai lepas, segera ambil bunga es dengan menggunakan spatula atau alat lain tanpa menunggu mencair. Setelah bunga es hilang, bersihkan sisa-sisa makanan yang menempel. Gunakan kaos tangan dari karet jika diperlukan. Bersihkan freezer dengan cara yang tidak jauh beda ketika kamu membersihkan bagian rak dan bagian dalam kulkas seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya. Matikan kulkas dan buka pintunya supaya udara hangat masuk dan bersirkulasi di dalam kulkas. Pastikan kamu memasang tempat lelehan bunga es untuk meminimalkan ceceran air di lantai. Letakkan beberapa kain bersih berdaya serap tinggi di bagian dalam paling bawah dan di luar sekeliling kulkas untuk mencegah ceceran air meluber ke area yang lebih luas.

Baca lainnya  Ternyata, Inilah Jam Puasa yang Tepat untuk Orang Diet!

Bersihkan Bagian Luar Kulkas

Bersihkan bagian luar kulkas dari tempelan manget-magnet atau yang lainnya. Bersihkan dengan menggunakan kain lap dan detergen, bilas, dan keringkan. Cuka yang telah dicairkan dengan air juga bisa digunakan untuk menjaga permukaan agar tetap mengkilap

Tata Ulang Isi Kulkas

Setelah kulkas dalam keadaan bersih, tata ulang kembali semua bahan makanan sesuai kategorinya. Pastikan kamu telah menyusun semua makanan dan minuman ke dalam wadah. Pengaturan yang rapi akan memudahkanmu dalam proses memasak.

Beberapa tips di atas dapat dengan mudah kamu terapkan di rumah dengan bahan praktis. Segera bersihkan kulkasmu yuk. Jangan lupa perhatikan hal-hal berikut sebelum membeli kulkas juga ya.

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!