Tips Membersihkan Racun dalam Hati, Yuk Mulai Hidup Sehat!

tips membersihkan racun dalam hati via freepik ala tim duniamasak

Hati adalah organ tubuh yang berperan sangat penting selain sebagai penyimpanan makanan dan vitamin, hati juga berfungsi untuk mengeluarkan racun maupun lemak rusak. Racun dan lemak rusak tersebut biasanya didapatkan dari makanan-makanan yang kita konsumsi. Hal itu dilakukan agar tidak memicu masalah kesehatan terutama pada masalah hati. Karena salah satu fungsi hati untuk mengeluarkan racun atau detoksifikasi, maka dibutuhkan juga asupan makanan yang memiliki nutrisi yang tepat. Asupan makanan tersebut diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan proses detoksifikasi. Berikut ini adalah tips membersihkan racun dalam hati yang wajib kamu ketahui.

Makanan yang dapat Mengeluarkan Racun

tips membersihkan racun dalam hati via freepik ala tim duniamasak
Buah berry via freepik

Mengkonsumsi makanan yang tepat, dapat membantu meningkatkan fungsi hati. Kali ini tim duniamasak mengumpulkan beberapa tips membersihkan racun dalam hati secara alami.

Jeruk Bali

Jeruk bali memiliki kandungan naringin yang berfungsi untuk mengurangi fibrosis hati. Fibrosis hati sendiri merupakan penyakit yang membuat peradangan menumpuk di jaringan ikat ekstra. Tidak hanya itu, jeruk bali dapat melindungi sel dari racun yang masuk kedalam tubuh kita.

Baca lainnya  Tips Cara Membersihkan Dispenser: Penting untuk Kamu Lakukan Secara Rutin

Sayuran Hijau

Kita pasti sudah tahu bahwa sayuran hijau mengandung klorofil yang dapat menetralkan bahan-bahan kimia yang ada didalam tubuh. Selain itu, klorofil juga dapat mengurangi ketegangan di hati. Sayuran hijau yang biasanya sering dikonsumsi yaitu, arugula, bayam dan sawi. Sayuran-sayuran tersebut dapat membantu meningkatkan fungsi empedu serta dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

Anggur Merah

Buah yang stau ini memiliki sifat detoksifikasi yang tinggi. Oleh sebab itu mengkonsumsi anggur dapat membantu menngeluarkan racun dalam tubuh. Anggur merah dapat dikonsumsi secara langsung atau sebagai pelengkap salad buah.

Kedelai

Makanan atau minuman yang berbahan dasar kedelai juga dapat membantu dalam proses detoksifikasi. Makanan seperti tempe tahu bisa menjadi pilihan sahabat duma untuk membantu membersihkan racun dalam hati. Selain makanan, minuman susu kedelai juga sangat membantu, susu kedelai dapat diminum dengan atau tanpa pemanis gula.

Buah Berry

Buah berry seperti blueberry, stroberi, blackberry dan buah berry lainnya sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain mengandung serat dan mineral buah berry juga mampu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Baca lainnya  Saringan Kopi Mana Yang Lebih Baik, Kertas Atau Logam?

Teh Hijau

Tidak asing lagi bahwa mengkonsumsi teh hijau memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah dapat mengeluarkan racun tubuh. Manfaat teh hijau lainnya adalah dalapat mempercantik kulit wajah, menyamarkan lingkaran hitam pada matadan juga dapat menurunkan berat badan secara alami.

Kunyit

Tidak hanya sebagai penyedap masakan, kunyit yang merupakan rempah ini juga bagus loh untuk kesehatan. Kunyit yang bersifat sebagai antiseptik ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat mengeluarkan racun pada hati. Kunyit juga dapat meredakan peradangan, maag dan dapat mengurangi perut kembung

Bawang

Jika bawang merah maupun bawang putih rutin dikonsumsi setiap minggunya. Maka dapat membersihkan racun pada tubuh dengan sangat baik. Jika tidak terlal suka dengan bawang, sahabt duma dapat mencampurkannya kedalam masakan tumis atau dicampur dengan jus lemon.

Gandum

Makan gandum murni seperti halnya oatmeal sangat membantu dalam mendetoksifikasi hati. Selain gandum, biji-bijian berupa kacang merah dan barley juga bagus sebagai detoks.

Demikianlah tips membersihkan racun dalam hati secara alami dan mulailah hidup sehat dengan mengkonsumsi makana-makanan yang bernutrisi. Jangan lupa juga untuk sesering mungkin mengkonsumsi banyak air putih agar kesehatan tetap terjaga. Selamat mencoba!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!