Kriteria Pisau Untuk Menyembelih Hewan Kurban

Kriteria Pisau Untuk Menyembelih Hewan Kurban via freepik ala tim duniamasak.com

Idul Adha adalah hari istimewa ketika umat Islam menyembelih hewan kurban. Pisau atau golok merupakan barang penting dalam proses penyembelihan hewan kurban ketika Idul Adha. Kriteria pisau untuk menyembelih hewan kurban tidak hanya tajam, namun juga pisau harus bersih dan tidak karatan. Tujuannya untuk memudahkan penyembelihan tanpa membuat hewan kurban merasa tertekan karena kondisi pisau yang tumpul atau berkarat.

Kriteria Pisau Untuk Menyembelih Hewan Kurban

Pisau oxone dijual di Duniamasak.com

Perlu sahabat Duma ketahui bahwa saluran pernapasan hewan yang disembelih wajib terputus dengan sempurna, yaitu tiga bagian trakea (tenggorokan / saluran nafas), esophagus (kerongkongan), dan pembuluh darah. Tentunya memilih pisau yang tepat akan membantu memudahkan proses penyembelihan dan memutus tiga bagian tersebut. Berikut ini adalah kriteria pisau untuk menyembelih yang dikutip dari Dinas Peternakan Kabupaten Lebak:

Baca lainnya  Perbedaan Sumpit Korea, Jepang dan China, Ternyata Ada Bedanya Lho!

Ukuran Pisau

Sebagai informasi bahwa ada terdapat pembagian jenis hewan kurban, ukuran pisau disesuaikan dengan minimal 1,5 kali lebar dari leher hewan. Ada perbedaan dalam panjang pisau antara kambing dan sapi – setidaknya 20 cm untuk kambing dan 30 cm untuk sapi. Pisau ini sangat cocok untuk memotong saluran pernapasan hewan kurban yang diperlukan untuk penyembelihan.

Bentuk Pisau

Dianjurkan agar menggunakan pisau yang ujungnya melengkung yang bertujuanuntuk memastikan hasil terbaik. Bentuk ujung pisau ini sangat cocok untuk menyembelih hewan kurban. Hal ini dapat memudahkan juru sembelih agar ujung pisau tidak menyentuh tanah maupun lantai saat menyembelih

Ketajaman

Bagian bawah pisau yang tajam sangat memudahkan bagi yang menyembelih, sehingga tidak perlu berulang kali menggorok leher hewan kurban yang menimbulkan perasaan tersiksa bagi hewan kurban.

Baca lainnya  SINKGARD, Penghancur Sisa Sampah Makanan
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!