Tips Memilih Kemasan Produk untuk Usaha

Tips Memilih Kemasan Produk via freepik ala tim duniamasak.com

Kemasan pada produk merupakan bagian yang sangat penting. Walaupun ada peribahasa yang mengatakan Dont judge a book by its cover yang artinya jangan menilai buku dari covernya saja atau jangan menilai sesuatu dari tampilannya saja. Akan tetapi memang untuk menawarkan sebuah produk, tampilan utama dari kemasan merupakan salah satu daya tarik pembeli. Selain dari tampilan, kualitas kemasan produk juga harus diperhatikan, agar tidak merusak kualitas produk yang dikemas. Jangan sampai, kita sebagai penjual hanya memikirkan kemasan yang murah dan menyampingkan kualitas dari produk kita. Inilah tips memilih kemasan produk untuk usaha.

Tips Memilih Kemasan Produk yang Baik

Tips Memilih Kemasan Produk via freepik ala tim duniamasak.com
Kemasan produk via freepik

Kemasan produk memiliki banyak varian, mulai dari plastik, kertas, kombinasi, dan alumunium foil. Sebagai penjual, kita harus cermat memilih jenis kemasan yang cocok untuk mengemas produk kita. Agar mempermudah, berikut ini adalah beberapa tips memilih kemasan produk yang baik untuk usaha:

Baca lainnya  Takut Gagal Membuat Roti? Ikuti Tips Berikut!

Fitur

Tips memilih kemasan produk yang baik adalah perhatikan fitur kemasan pada produk. Perhatikan fitur pada kemasan dengan cermat dan perkirakan apakah produk yang dikemas menggunakan fitur tersebut tetap terjaga kualitasnya. Fitur tersebut seperti: Zip lock (segel), Vacuum, One way valve dan Window pack. Jika produk nantinya dikemas tanpa segel, maka kita dapat mengabaikan point ini.

Material

Material kemasan sangat berpengaruh pada kulitas produk. Contohnya, jika menjual kopi ada baiknya menggunakan kemasan berbahan alumunium foil, pasalnya alumunium mengandung sifat inert (tidak bereaksi dengan produk) serta tidak mudah rusak akibat cuaca. Sehingga kualitas pada produk kopi tersebut tetap terjaga. Selain itu ada juga kemasan plastik yang terkenal awet dan murah serta kemasan kertas yang dapat didaur ulang kembali. Sesuaikan material tersebut dengan kebutuhan produk yang dijual.

Baca lainnya  3 Resep Menu Sahur Praktis, Hemat, Lezat dan Bergizi

Ukuran

Ukuran pada kemasan sangat penting, jika kita menjual produk yang memiliki berat 30 gram maka kita tidak perlu menggunakan kemasan yang memiliki kapasitas ukuran hingg 500 gram. Hal itu untuk menghindari area kosong yang dapat mengurangi tampilan dari produk tersebut. Saran Duma, jangan gunakan kemasan yang ukurannya terlalu kecil maupun besar.

Bentuk dan desain

Bentuk dan desain dari kemasan merupakan salah satu hal yang penting. Sesuaikan bentuk dan desain dengan kualitas produk yang dijual. Karena desain yang kita tampilkan pada produk, merupakan cerminan awal dari produk yang dijual.

Harga

Sesuaikan kemasan pada modal yang akan dikeluarkan. Pertimbangkan kualitas dan harga kemasan. Setiap varian kemasan memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari bahan yang digunakan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!