Tips Menata Meja Makan Untuk Menjamu Tamu

Tips menata meja makan di acara natal tahun baru hari ibu via freepik ala duniamasak

Sebentar lagi, masyarakat Indonesia akan menyambut 3 hari besar yaitu hari Ibu, hari Natal, dan Tahun Baru. Apakah sahabat Duma sudah menyiapkan dan membuat acara untuk merayakan ketiga eventย ini? Jika hanya merayakan satu atau dua acara, sahabat Duma juga perlu mempersiapkan hal-hal penting untuk menyambut tamu. Mulai dari makanan, dekorasi, dan mungkin sampai desain undangan agar tampak lebih meriah dan menarik. Kali ini, Duniamasak.com ingin memberikan tips bagaimana cara menata meja makan paling ampuh untuk menjamu tamu di acara besar.

Tips Menata Meja Makan di Acara Besar

1. Menata meja makan sesuai dengan tema

Tips menata meja makan tema via freepik ala duniamasak
Tips menata meja makan sesuai dengan tema via freepik

Tentu saja, cara paling mudah dan praktis adalah menata meja makan dengan menggunakan warna dan tema yang menarik. Contohnya, untuk perayaan hari ibu, sahabat Duma bisa memilih warna merah muda dan akan cocok dengan tema pastel yang akan membawa kesan hangat dan homey. Untuk perayaan hari Natal, sahabat Duma dapat menggunakan warna merah dan hijau serta tema winter. Untuk perayaan tahun baru, sahabat Duma bisa mencoba warna hitam dan emas yang memberikan tema elegan dan meriah.

Baca lainnya  Kreasi Kopi Unik yang Wajib Banget Kamu Cobain!

2. Menata meja makan sesuai dengan dekorasi

Tips menata meja makan dekorasi via freepik ala duniamasak
Tips menata meja makan sesuai dengan dekorasi via freepik

Tidak hanya dalam warna dan tema, namun dekorasi ruangan dan meja makan juga perlu diperhatikan. Umumnya, cara menata meja makan dengan tampilan yang cantik bisa didapat dari dekorasi bunga dan daun, hiasan kecil, atau mungkin kartu nama tamu. Untuk tips ini, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan seperti jumlah dan tata letak dekorasi agar tidak terlalu banyak mengambil space diatasย meja makan. Sahabat Duma perlu ingat bahwa tujuan utama dari meja makan adalah berfungsi untuk melakukan kegiatan makan, jangan sampai dekorasi yang dibuat malah menjadi dominan. Misalnya untuk dekorasi, pilihlah bunga yang asli sehingga aroma segar agar tercium oleh tamu namun usahakan wangi bunga tidak menonjol dibandingkan dengan wangi hidangan. Tambahkan dengan hiasan kecil seperti miniatur pohon natal dan terompet mini untuk merayakan masing-masing acara besar tersebut. Sahabat Duma juga dapat menata meja makan dengan tisu atau lilin dan kartu nama tamu jika ingin memilih tema elagan dan lebih private.

3. Menata meja makan sesuai dengan tamu undangan

Tips menata meja makan tamu undangan via freepik ala duniamasak
Tips menata meja makan sesuai dengan tamu undangan via freepik

Sebenarnya, tips ini sedikit banyak perlu disiasati dengan cerdas. Selain dari tema dan dekorasi, sahabat Duma perlu mempertimbangkan dari segi tamu yang akan diundang untuk menghadiri acara makan bersama. Tentukan berapa orang yang akan hadir, tamu yang datang merupakan orang dekat seperti teman atau keluarga atau hanya rekan bisnis, dan sejenisnya. Untuk makanan perlu direncanakan juga sebelumnya, apakah tamu undangan merupakan kelompok vegetarian, bisa menyantap makanan non-halal, dan sejenisnya. Biasanya, hal-hal tersebut juga akan mempengaruhi persiapan menata meja makan untuk merayakan acara di hari besar ini, misalnya formal atau informal.

Baca lainnya  Fatmah Bahalwan "Inspirasi Pengusaha Bakery Masa Kini"

Tips menata meja makan ini bisa direalisasikan dalam rumah sendiri atau bisa juga menyewa sebagian restoran dan sahabat Duma bisa merangkai sendiri meja makannya sesuai dengan tema yang sudah direncanakan. Pentingnya mengetahui tips menata meja makan yang baik dan benar dapat membuat suasana makan menjadi lebih homeyย dan pastinya meriah. Selain dekorasi yang indah, jangan lupa juga untuk membuat percakapan yang ringan di meja makan agar menjadi lebih dekat satu sama lain. Selamat berbagi kebahagiaan dengan orang tersayang ya! <3

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!