5 Makanan Terkenal Negara ASEAN, Enak Semua!

Setiap negara memiliki makanan uniknya misalnya saja masakan Asia yang terkenal seperti sushi dari Jepang, kimchi khas Korea Selatan, dan dim sum asalnya dari China. Namun tidak hanya ada di Asia Timur saja, Asia Tenggara juga memiliki banyak makanan lezat kaya akan rempah dan sebagian memiliki rasa yang pedas. Simak ulasan di bawah ini jika sahabat Duma tertarik mencoba makanan terkenal negara ASEAN.

Makanan Terkenal Negara ASEAN

rendang daging sapi nasi padang via tokopedia ala duniamasak 5 Makanan Terkenal Negara ASEAN, Enak Semua!
rendang daging sapi nasi padang via tokopedia

Asia Tenggara memiliki banyak makanan yang lezat, selama beberapa abad terakhir, berbagai budaya, agama, dan politik yang berbeda telah menghasilkan budaya yang beragam. Sangat mudah untuk melihat keragaman ini dengan melihat masakan khas negara-negara ASEAN, yang masing-masing memiliki rasa dan makanan yang berbeda. Berikut ini makanan terkenal negara ASEAN:

Rendang – Indonesia

Sejak abad ke-8, rendang, masakan tradisional Sumatera Barat, menjadi makanan pokok pada acara dan perayaan penting masyarakat Minang. Ini dianggap sebagai representasi dari kesatuan dan keharmonisan, dengan bahan-bahan yang mewakili berbagai bagian masyarakat yang bersatu dengan baik.

Di seluruh dunia, banyak orang yang menyukai rendang daging sapi Indonesia. Terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan dan campuran rempah-rempah, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan lezat. Rendang dapat disimpan selama empat minggu.

Nasi Lemak – Malaysia

Nasi lemak, hidangan tradisional Melayu, biasanya dinikmati sebagai hidangan utama untuk makan siang atau makan malam, sangat terkenal di Malaysia dan dianggap sebagai hidanga favorit nasional. Nasi lemak biasanya terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan, yang menambah rasa kaya dan tekstur lembut. Selain itu, nasi lemak biasanya memiliki berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, telur rebus, ikan teri, dan sambal pedas.

Baca lainnya  Vicka Gunawan โ€œUngkapkan Kasih Sayang Lewat Cita Rasaโ€

Untuk memberikan rasa yang segar dan utuh, lauk pauk biasanya ditambahkan dengan sayuran segar seperti irisan mentimun, kacang tanah, dan acar mentimun. Kerupuk dan ikan bakar adalah beberapa variasi untuk menyempurnakan hidangan, jangan lupa memasukkan rempah-rempah Malaysia tradisional.

Tom Yum – Thailand

Mari kita bicara tentang rasa Tom Yam yang segar dan pedas, hidangan Thailand yang terkenal dengan rasanya yang kaya. Serai, daun jeruk, dan cabai digunakan untuk membuat sup dengan rasa manis, asam, dan pedas yang pas. Karena kualitas aromanya yang kuat, Tom Yam telah mendapat popularitas di seluruh dunia, dan merupakan pilihan yang ideal bagi mereka yang ingin menikmati makanan asli Thailand. Untuk merasakan cita rasanya yang berani, cobalah Tom Yam. Sahabat Duma akan menemukan alasan mengapa ini dianggap sebagai salah satu hidangan ASEAN terbaik di dunia.

Ayam Adobo – Filipina

Nilai-nilai budaya Filipina sangat dipengaruhi oleh budaya Spanyol, terutama masakan. Ayam adobo adalah kari daging yang dimasak perlahan seperti rendang. Adobo” di Filipina berarti “mengasinkan” atau “mengawetkan”. Pada awalnya, masakan ini dikembangkan untuk membuat daging lebih segar dengan merendamnya dalam campuran cuka, garam, dan bumbu lainnya. Namun, resep ayam Adobo telah berubah dan disesuaikan dengan selera lokal selama bertahun-tahun.

Untuk membuat Ayam Adobo, daging, seafood, atau sayuran adalah yang paling penting. Untuk menambah rasa, bumbu penting seperti cuka, bawang putih, kecap, merica, dan daun laurel juga digunakan.

Baca lainnya  WOW! Ternyata Jenis Kimchi Ada Banyak Lho!

Nasi Ayam Hainan – Singapura

Nasi Ayam Hainan, hidangan nasional favorit Singapura dan salah satu makanan terpopuler di Asia, adalah perjalanan ke dunia kuliner. Sajian ini adalah perpaduan nasi beraroma dan ayam rebus empuk yang dimasak dengan kaldu ayam. Sambal yang menyertainya menambah rasa dan kehangatan. Meskipun tampak sederhana, Nasi Ayam Hainan menjadi favorit para pecinta masakan Asia karena rasanya yang kaya dan lezat. Dengan beragam tradisi kuliner Singapura dan memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk semua orang, hidangan ini disukai oleh penduduk setempat dan pecinta kuliner di seluruh dunia.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com