Memilih Kotak Makan yang Berkualitas untuk Hidup yang Lebih Sehat

Hai, Sahabat Duma! Pasti bunda di rumah sering banget menggunakan perlengkapan yang satu ini. Ya, kotak makan adalah sebuah kotak yang umumnya terbuat dari plastik dengan bentuk beraneka ragam dan warna yang bervariasi. Sesuai dengan namanya, kotak ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan. Dalam bahasa Inggris, kotak makan disebut lunch box karena pada dasarnya sering digunakan untuk wadah bekal makan siang. Berikut ini tim duniamasak akan berbagi onformasi mengenai cara memilih kotak makan yang berkualitas.

Kotak Makan yang Berkualitas

Tidak hanya bermanfaat untuk wadah penampung makanan, kotak makan juga berfungsi untuk tetap menjaga kualitas makanan yang sudah dimasak. Misalnya, kotak makan sangat perlu dilengkapi dengan penutup yang aman sehingga memudahkan pengguna, khususnya anak-anak yang sedang bersekolah untuk membawa bekal tanpa khawatir tumpah di dalam tas mereka. Selain untuk keamanan, kotak makan juga berpengaruh terhadap kesehatan para pemakainya. Kok bisa? Lalu apa saja tips untuk memilih kotak makan yang berkualitas? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Gunakan Kotak Makan Dari Bahan Plastik yang Aman

Salah satu alasan mengapa banyak ibu rumah tangga memilih untuk menggunakan kotak makan berbahan plastik adalah karena harganya lebih terjangkau serta terbilang awet daripada kotak makan yang terbuat dari kaca, logam, dan bahan pecah belah lainnya. Namun, tahukah kalian bahwa kotak makan berbahan plastik mengandung bahan kimia yaitu Bisophenol A atau lebih dikenal dengan BPA. Apabila BPA yang terdapat pada kotak makanan berbahan plastik masuk ke dalam makanan dengan jumlah yang berlebihan, maka hal itu dapat memicu pertumbuhan sel kanker dan mutasi sel pada kandungan. Sahabat Duma tidak perlu takut, kini telah banyak produk kotak makan berbahan plastik yang tidak lagi menggunakan bahan kimia tersebut alias BPA free sehingga lebih aman dan sehat untuk menyimpan makanan.

Baca lainnya  Yuk Buat Lilin dengan Aroma Terapi Hanya dengan Bahan Dapur Ini

Apabila BPA yang terdapat pada kotak makanan berbahan plastik masuk ke dalam makanan dengan jumlah yang berlebihan, maka hal itu dapat memicu pertumbuhan sel kanker dan mutasi sel pada kandungan. Sahabat Duma tidak perlu takut, kini telah banyak produk kotak makan berbahan plastik yang tidak lagi menggunakan bahan kimia tersebut alias BPA free sehingga lebih aman dan sehat untuk menyimpan makanan.

Jika Ingin Berbahan Kaca, Pilih Kotak Makan yang Tahan Panas

Perlu diketahui bahwa tidak semua bahan makanan dapat disimpan di dalam kotak makan yang berbahan plastik. Bahan makanan yang mengandung rempah-rempah dan minyak bisa meninggalkan bekas noda yang sulit dibersihkan jika disimpan di dalam kotak makan berbahan plastik, maka kalian dapat memilih kotak makan berbahan kaca untuk menyimpan bahan makanan tersebut sehingga mudah dibersihkan serta tidak akan meninggalkan bau. Kotak makan dari kaca juga merupakan tempat yang tepat jika digunakan untuk meletakkannya dalam microwave karena tahan panas. Terdapat juga bahan kotak makan dari kaca yang cukup kuat sehingga makanan bisa disimpan di kulkas dan juga bisa langsung dipanaskan di dalam microwave.

Selalu Pastikan Kotak Makan Terdapat Logo Food Grade

Food grade duniamasak via buyfoodgrade.com
Food grade via buyfoodgrade.com

Bagi kalian yang jeli dalam memilih produk, pasti sudah tak asing dengan logo di atas. Sebenarnya, kualitas kotak makan dapat ditentukan dari material bahan yang dipakai. Pastikan kotak makan yang kalian pilih memiliki logo food grade sebagai standar dan tanda bahwa materialnya berasal dari bahan yang terpercaya. Syarat-syarat untuk kualifikasi kotak makan yang sesuai food grade adalah tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan dan tidak mengubah rasa makanan. Biasanya, logo tersebut berada di bawah kotak makan untuk memberitahukan seberapa aman material yang digunakan.

Baca lainnya  5 Alasan Mengapa Kita Harus Makan di Warung Lesehan

Demikian beberapa tips memilih kotak makan yang berkualitas untuk hidup yang lebih sehat. Walau kelihatannya mudah, namun sebaiknya tetap cermati dan teliti dalam menggunakan setiap perlengkapan maupun peralatan dapur untuk keluarga tercinta ya. Semoga bermanfaat 🙂

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan