5 Tambahan Pelengkap Kopi yang Enak dan Sehat!

kopi dengan ibrik via freepik ala tim duniamasak 5 Tambahan Pelengkap Kopi yang Enak dan Sehat!

Jika sahabat Duma seorang pecinta kopi, tentu pasti setuju bahwa kopi dapat memberikan efek “melek” setelah meminumnya. Kopi menjadi bagian umum dari rutinitas pagi bagi banyak orang. Seperti sulit untuk memulai hari tanpanya, setuju tidak? Nah agar kopi menjadi lebih nikmat, simak 5 tambahan pelengkap kopi yang enak dan sehat berikut ini!

Cobain Deh 5 Tambahan Pelengkap Kopi ini! Enak Banget Loh!

5 Tambahan Pelengkap Kopi yang Enak dan Sehat! ala DuniaMasak via hellosehat.com
Kunyit via hellosehat.com

Sperti yang kita ketahui bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan bila kita menambahkan terlalu banyak pemanis. Berikut ini beberapa bahan tambahan pelengkap kopi yang dapat membuat kopi menjadi lebih sehat dan nikmat:

Jamur

Dalam beberapa tahun terakhir, orang menjadi semakin tertarik untuk minum kopi jamur. Ini dikarenakan menjadi salah satu pilihan minuman paling sehat. Jamur memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk sifat anti-inflamasi, anti-virus, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika sahabat Duma sedang mencari cara untuk menikmati kopi jamur, ada beberapa merek kopi jamur kemasan yang bisa kita coba. Namun, jika ingin membuat kopi jamur sendiri, cobalah jamur cordyceps untuk penambah energi atau jamur reishi untuk masalah tidur dan stres. Oh ya tidak semua jamur bisa kita gunakan ya, jadi harus kita perhatikan dahulu jenis jamurnya. Tentu membuat ekstrak atau bubuk dari jamur ini selalu membutuhkan waktu lebih lama daripada sekadar meminum kopi jamur kemasan.

Baca lainnya  Yuk Intip Resep Kreasi Rendang Bersama Bumbu Bamboe!

Santan (coconut milk)

Terlepas dari reputasi negatifnya, santan dapat memiliki sejumlah manfaat. Satu cangkir santan menyediakan 11% vitamin C, 22% zat besi, 22% dmagnesium, 18% kalium, dan 5 gram dari protein. Senyawa ini bermanfaat untuk tulang, gigi, dan otak. Menambahkan satu atau dua sendok teh santan ke kopi akan memberikan rasa yang lebih kaya. Rasa gurih dari santan ini akan menambah cita rasa kopi yang unik saat dicampur jadi satu. Jika ingin lebih manis, kita juga bisa menambahkan sedikit bubuk kayu manis.

Kayu manis

Bubuk kayu manis banyak tersedia di Indonesia. Bumbu ini memiliki rasa yang manis dan sering digunakan dalam pembuatan kue. Kayu manis adalah tambahan yang bagus untuk kopi, karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kayu manis bermanfaat bagi tubuh kita karena sifatnya yang saling melengkapi. Penggunaan kayu manis dapat membantu melindungi jantung dan otak. Dalam sebuah penelitian, kayu manis ditemukan dapat mengurangi risiko kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk membuat kopi terasa lebih enak, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalamnya.

Ginseng India

Ginseng India adalah salah satu jenis ginseng yang paling populer dari India. Dikenal karena memiliki banyak manfaat, termasuk membantu meningkatkan energi. Seperti kebanyakan jenis ginseng lainnya, ginseng India dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Manfaat ginseng ini antara lain meningkatkan kualitas tidur, yang dapat mencegah insomnia dan mengurangi tingkat stres. Untuk membuat kopi ini, kita bisa mencampurkan 1-2 sendok teh bubuk ginseng India dengan tambahan kayu manis dan susu. Resep ini akan memberi kita secangkir kopi yang kaya dan beraroma. Menambahkan segenggam almond ke kopi ini akan membuatnya lebih manis dan enak.

Baca lainnya  Efek Samping dari Meminum Kopi, Nih Simak Artikelnya!

Kunyit

Bahan terakhir adalah kunyit, yang merupakan bumbu yang sering digunakan dalam masakan. Kita tahu semua tentang manfaat kunyit – ini adalah makanan pokok di banyak budaya di seluruh dunia. Kandungan curcumin yang tinggi dari produk ini sangat bagus untuk pencernaan, memberikan efek detoksifikasi, antioksidan dan anti-inflamasi. Campurkan dengan kopi maka akan membuat rasanya semakin unik dan tentunya enak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *