7 Alat Masak Italia yang Paling Umum Digunakan

7 Alat Masak Italia yang Paling Umum Digunakan via freepik ala tim duniamasak.com

Berikut ini adalah tujuh alat masak Italia yang paling umum digunakan, masing-masing dengan manfaat uniknya sendiri. Baik seorang pemula atau koki berpengalaman, alat ini akan membantu dalam memasak hidangan Italia yang lezat dengan mudah. Kira-kira apa saja yah nama dan kegunaannya? Yuk simak artikelnya!

Alat Masak Italia dan Kegunaannya

mencegah mata minus pixabay.com
Alat masak Italia via pixabay.com

Jika kita ingin belajar memasak makanan Italia, kita memerlukan beberapa alat masak Italia. Masakan Italia disukai oleh orang Indonesia, diantaranya pasta dan pizza. Hidangan ini mencerminkan warisan budaya negara dan menjadi favorit di seluruh negeri. Kita juga bisa membuat pizza yang sama lezatnya dengan yang ada di negara pizza ini. Berikut adalah tujuh alat masak Italia yang dapat sahabat Duma gunakan di dapur:

Pepper mill

Kita mungkin pernah melihat adegan orang menggunakan alat berbentuk pion catur dalam ukuran besar, untuk membantu mereka memasak makanan dengan sempurna. Alat dapur yang bagus ini sangat cocok untuk menggiling lada. Ini disebut penggilingan lada dan membuat proses penggilingan lada menjadi mudah dan tidak merepotkan. Lada hitam adalah jenis lada yang biasa digunakan di dapur Eropa, termasuk di Italia. Lada ini memiliki rasa yang kuat dan tajam yang sangat cocok untuk menambah rasa pada masakan. Berbeda dengan dapur Indonesia yang mengandalkan lada putih, alat ini akan menghasilkan merica yang teksturnya sedikit kasar, memberikan pengalaman yang lebih otentik dan beraroma.

Baca lainnya  Trik Membuat Sop Buntut Agar Empuk

Panci

Ketika menyebutkan hidangan Italia, kita secara otomatis memikirkan hidangan pasta. Bahkan jika kita bukan seorang ahli pasta, kita mungkin tetap tahu beberapa jenis pasta. Mulai dari spageti, fettuccine, penne, dan makaroni, yang semuanya sangat menarik dan beraroma. Pasta lezat dimasak sebelum disajikan, berkat proses perebusan. Masakan Italia terkenal dengan hidangannya yang lezat, dan salah satu pemrosesanya dengan cara direbus dengan panci. Alat memasak ini sangat penting untuk menciptakan makanan yang lezat. Pasta yang dimasak dengan tingkat kematangan yang cukup atau disebut al dente bagi orang Italia. Hasilnya tidak terlalu keras atau terlalu lembut, dan sempurna untuk hidangan apa pun.

Alat pembuat pasta homemade

Alat pembuat pasta yang dapat digunakan juga untuk membuat mie dengan berbagai bentuk dan ukuran, cocok untuk makanan ringan seperti kue bawang atau stik keju. Itu membuat adonan memiliki ketebalan yang seragam, sehingga dapat dengan mudah memotongnya menjadi helaian yang berukuran seperti spagetti atau mie. Mesin manual yang harus diputar untuk beroperasi memberikan pengalaman yang lebih otentik.

Wajan

Pasta adalah hidangan yang enak, tapi rasanya tidak sama bila disajikan tanpa saus yang khas Italia. Lihathal pilihan hidangan bolognese, pesto, dan carbonara untuk melengkapi pasta sahabat Duma. Masing-masing menawarkan rasa uniknya sendiri yang akan menggoda selera. Ada banyak jenis wajan penggorengan yang tersedia, sehingga kita dapat menemukan yang tepat untuk kebutuhan memasak. Tentu saja, wajan yang berkualitas akan membantu memastikan saus pasta yang dimasak tidak gosong.

Baca lainnya  Topping Mie Ayam yang Enak, Dijamin Suka Semua!

Peniris saringan

Saringan ini dikenal dengan colander. Sekilas mirip dengan ceting nasi yang berguna untuk meniriskan pasta atau sayuran. Jika kita memiliki saringan yang bentuknya lain, tentu saja kita bebas menggunakan saringan apa saja. Apapun bentuknya, yang pasti tujuannya untuk meniriskan.

Rolling pin

Rolling pin tidak hanya digunakan pada bakery, tetapi juga penting di dapur Italia dalam hal menipiskan adonan pizza. Setelah menimbang adonan pizza menurut ukuran, membulatkannya, dan kemudian menggilingnya dengan alat ini, menjadi sangat halus. Dengan rolling pin silikon dalam berbagai warna cerah, dapur Anda akan terlihat cantik dan menonjol. Rolling pin ini tidak hanya membantu membuat adonan tidak terlalu lengket, tetapi juga menambah daya tarik visual.

Parutan keju

Banyak hidangan Italia termasuk keju sebagai salah satu bahan utama mereka. Keju adalah makanan umum di banyak negara, tetapi sangat populer di Italia. Ini mungkin karena orang Italia menyukai rasanya yang lezat. Keju Italia terkenal di Indonesia, dan keju Parmesan serta keju Mozzarella adalah dua varietas yang paling populer. Keju parut adalah bagian penting dari masakan Italia, dan tidak heran jika keju sangat populer di sini. Desain parutan pada keju ini dapat bervariasi dalam bentuk, yang memberikan tampilan yang elegan dan unik.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!