7 Macam Alat Penghias Kue dan Kegunaanya

Dekorasi kue merupakan bagian penting dalam membuat kue yang indah, dan alat yang digunakan untuk mendekorasi memainkan peran penting dalam mencapai hasil dekoratif yang berbeda. Jika sahabat Duma mempertimbangkan bisnis kue, penting untuk memahami berbagai jenis alat penghias kue dan cara penggunaannya.

Alat Penghias Kue

kue talas taro via suncorefoods ala duniamasak
kue talas taro via suncorefoods ala duniamasak

Alat penghias kue adalah perlengkapan digunakan untuk menghias kue. Alat-alat ini bervariasi dan mencakup barang-barang seperti plastik bentuksegitiga, meja putar, dan spuit. Setiap alat memiliki tujuan berbeda untuk menciptakan beragam desain dekoratif. Penting bagi para pembuat kue atau pemilik usaha kue untuk memiliki alat-alat ini di dapurnya karena membantu menciptakan dekorasi kue yang lebih rapi dan estetik. Tanpa alat-alat ini, dekorasi kue mungkin terlihat berantakan dan tidak menarik bagi konsumen, sehingga menurunkan penjualan.

Plastik segitiga

Plastik segitiga biasa disebut piping bag merupakan alat yang berguna untuk menghias kue dengan cara disemprotkan krim atau ganache. Biasanya dilengkapi dengan pisau pinggul untuk membuat desain rumit dengan krim.

Cake topper

Hiasan atas kue tersedia dalam berbagai bentuk dan desain. Biasanya, pajangan puncak kue menampilkan kata-kata seperti ‘Selamat Ulang Tahun’ atau ‘Happy Birthday‘. Namun, cake topper juga hadir dalam berbagai karakter atau figur yang menawan dan unik.

Baca lainnya  Ketahui Beberapa Solusi Ini Bagi Kamu Pengidap Kolesterol

Spuit

Spuit yang terbuat dari besi dan berbentuk kerucut ini memiliki lubang di ujungnya yang membentuk pola tertentu. Meski ukurannya kecil, spuit ini sangat penting untuk mempercantik tampilan kue sahabat Duma.

Lazy susan

Lazy susan, juga dikenal sebagai meja putar, memainkan peran penting dalam dekorasi kue. Kue yang sedang dihias diletakkan di atas lazy susan dan kemudian meja diputar saat mendekorasi. Penting memiliki alas yang kokoh untuk menjamin stabilitas saat mendekorasi kue.

Pisau palet

Alat ini digunakan untuk mengoleskan krim atau ganache secara merata pada kue. Pisau palet tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk untuk menciptakan berbagai desain berwarna krem. Salah satu jenisnya adalah pisau pinggul, yang berguna untuk membuat pola miring pada permukaan krim.

Cake leveler

Cake leveler adalah pisau yang digunakan untuk memotong kue, didesain dengan pegangan di atasnya. Penting untuk menggunakan alat perata kue sebagai pengganti pisau biasa untuk mendapatkan potongan kue yang halus dan presisi.

Baca lainnya  Ini Loh 5 Warung Rawon di Banyuwangi yang Rasanya Enak!

Plastik asetat

Pernahkah sahabat Duma menyaksikan kue yang bagian luarnya terbungkus plastik? Pembuat kue menggunakan plastik asetat untuk menutupi kue karena bebas asam dan mudah ditekuk. Kehadiran plastik asetat pada etalase ini menjamin kue higienis.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com