Merasa Sangat Lapar di Siang Hari Ketika Berpuasa? Yuk Cari Tahu!

Merasa Sangat Lapar di Siang Hari Ketika Berpuasa? Yuk Cari Tahu via freepik ala tim duniamasak.com

Lapar ketika berpuasa memang hal yang biasa, namun pernahkah sahabat Duma merasa sering terasa lapar beberapa kali dalam sehari? Selain karena sedang berpuasa ternyata ada penyebabnya loh sahabat Duma. Yuk kita simak apa sih yang membuat kita merasa sangat lapar di siang hari ketika sedang berpuasa?

Lapar di Siang Hari, Kenapa Yah?

Merasa Sangat Lapar di Siang Hari Ketika Berpuasa? Yuk Cari Tahu! via freepik ala tim duniamasak.com
Merasa lapar via freepik

Sahabat Duma pasti pernah berpikir mengapa rasa lapar muncul setelah dua atau empat jam setelah sahur, menjelang siang hari, dan menjelang berbuka. Ternyata hal tersebut memiliki beberapa penyebabnya. Yuk kita simak ulasan dari tim Duniamasak.com!

Makan terlalu cepat

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang memiliki tingkat kecepatan tersendiri ketika menyantap makanan. Tidak heran kita sering menemukan orang yang makan dengan sangat lama dan ada juga orang yang menyantap makanan dengan cepat. Sebuah penelitian pun memberikan kesimpulan bahwa orang yang makan dengan cepat akan sering merasa lapar ketika berpuasa. Hal itu dikarenakan hormon yang bertugas untuk mengatur metabolisme tubuh, mengontrol berat badan, dan reproduksi tubuh yaitu hormon leptin menjadi terganggu yang mengakibatkan tidak berfungsi dengan baik.

Baca lainnya  Indonesia’s Biggest Business Expo 2017, Ajang Promosi Bisnis yang Paling Ditunggu

Kurang tidur

Saat bulan Ramadan ini memang jam tidur semakin berkurang dan berbeda dari biasanya. Ternyata kurang tidur dapat membuat kita merasa lapar ketika berpuasa. Hal itu dikarenakan ketika kita merasa kurang tidur maka tubuh akan dengan alami meningkatkan produksi hormon ghrelin, yaitu hormon yang meningkatkan nafsu makan. Namun dengan kurang tidur tersebut produksi hormon leptin pun berkurang.

Dehidrasi

Menahan rasa haus memang dapat menimbulkan dehidrasi. Tenyata dehidrasi juga dapat membuat seseorang menjadi mudah lapar ketika berpuasa. Pasalnya ketika dehidrasi dan merasa haus membuat kita berpikir sedang merasa lapar. Untuk itu jaga kebutuhan cairan kita selama berpuasa.

Kurang beraktivitas

Rasa lemas dan juga lapar sering kita alami ketika berpuasa. Tak jarang dari kita akan merasa malas untuk beraktivitas karena tubuh terasa lemas. Padahal dengan kita beraktivitas dapat mengalihkan kita dari rasa lapar. Untuk itu ketika sebaiknya ketika badan terasa lemas kita dapat beraktivitas untuk mengalihkan rasa lapar dan lemas.

Baca lainnya  Yuk, Rencanakan Resolusi Tahun Baru 2020
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *