Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag!

tips berpuasa bagi penderita maag via freepik ala tim duniamasak.com

Bagi penderita penyakit maag, tentunya muncul kekhawatiran apabila berpuasa. Pasalnya selama berpuasa kita harus menahan lapar dan haus seharian. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit maag terjadi pada lambung dimana asam lambung mengalami peningkatan dan terdapat keluhan pada ulu hati serta terasa nyeri. Tak jarang penderitanya pun mengalami mual, kembung, dan juga sesak nafas. Agar tetap aman saat berpuasa berikut ini adalah tips berpuasa bagi penderita maag!

Jangan Khawatir! Inilah Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

tips berpuasa bagi penderita maag bersama DuniaMasak via eventkampus.com
Solusi Maag via eventkampus.com

Maag biasanya sering terjadi bila kita terlambat makan, sehingga mengakibatkan adanya luka di lambung. Memang terasa berat berpuasa bagi penderita maag, namun bukan berarti hal tersebut menjadi alasan untuk tidak berpuasa. Berpuasa bagi penderita maag, harus menerapkan kebiasaan makan. Bahkan bila penderita maag berpuasa dengan cara yang benar dapat menyembuhkan maag lho sahabat Duma!. Dikarenakan, berpuasa dapat mengatur jadwal makan sehingga lebih teratur. Dibawah ini adalah tips dari tim duniamasak.com untuk sahabat Duma yang mengalami maag namun tetap ingin berpuasa:

Baca lainnya  Kopi Avocado: Temukan di 4 Kedai Kopi Jakarta Berikut ini!

Jangan Lewatkan Makan Sahur dan Berbuka Puasa

Salah satu tips yang sangat penting bagi penderita maag adalah jangan melewatkan untuk makan saat sahur. Dikarenakan saat berpuasa, lambung akan kosong kurang lebih 14 jam. Apabila hal itu dibiarkan maka akan timbul peningkatan asam lambung. Kemudian, ketika waktu berbuka puasa sebaiknya tidak menunda membatalkan puasa. Ketika sudah waktu berbuka, sebaiknya mengonsumsi air hangat dan hindari air dingin, kopi, dan juga teh pekat.

Makan secukupnya

Hindari makan yang berlebihan, sebaiknya makan secukupnya diwaktu sahur maupun berbuka puasa. Jika terlalu banyak makan, akan membuat lambung bekerja dengan keras. Apalagi ketika berpuasa lambung terisi oleh asam lambung dan juga gas. Apabila makan berlebihan dapat menyebabkan lambung teregang. Biasakan mengonsumsi makanan yang ringan dan sehat seperti biskuit dan granola. Makan makanan secara perlahan agar udara tidak masuk ke pencernaan yang memicu timbulnya maag.

Baca lainnya  Penyakit-penyakit yang Timbul Akibat Mengonsumsi Mie Instan

Mengonsumsi makanan yang tepat

Pilih makanan yang sehat dan hindari makanan-makanan yang dapat menimbulkan maag. Seperti makanan yang mengandung santan dan juga kol. Memilih makanan yang tepat juga termasuk salah satu kunci utama berpuasa bagi penderita maag. Selain itu, pilihan buah yang dikonsumsi harus menghindari buah yang memiliki rasa asam.

Hindari langsung tidur setelah makan

Mungkin bagis sebagaian orang memang akan sulit mengindari tidur setelah sahur. Namun, hal itu sebaiknya dihindari karena dapat memicu timbulnya sakit maag. Apabila hal tersebut tidak dapat dihindari, sebaiknya perhatikan posisi tidur dengan posisi setengah duduk. Sahabat Duma dapat memanfaatkan bantal yang tinggi, agar makanan tidak kembali naik ke kerongkongan.

Kendalikan Stress

Salah satu tips bagi penderita maag adalah mengendalikan stress. Jika merasa lelah, sebaiknya sahabat Duma beristirahat atau melakukan latihan pernapasan. Stress yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit maag. Sebaiknya lakukan teknik relaksasi untuk mengendalikan stress.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!