Apa Itu Planetary Mixer? Yuk Kita Cari Tahu Bersama!

Sahabat Duma tentunya sudah tidak asing lagi dengan mixer bukan? Apalagi bagi kita yang sering bereksperimen dalam dunia baking tentunya alat ini menjadi peralatan yang sering dicari. Mixer tidak hanya digunakan untuk mengaduk adonan roti, namun juga kue bahkan mie. Mix atau mixer dalam bahasa inggris memiliki arti mengaduk atau pengaduk. Banyak jenis mixer yang beredar saat ini, tentunya keberadaannya pun disesuaikan dengan kebutuhan serta teknologi yang dimilikil. Salah satunya adalah planetary mixer yang mungkin sudah sering sahabat Duma dengar. Nah kira-kira apa itu planetary mixer? Cari tahu bersama yuk!

Apa Itu Planetary Mixer, Cari Tahu Kegunaanya!

Planetary Mixer GETRA B30 dijual di duniamasak.com
Planetary Mixer GETRA B30 dijual di duniamasak.com

Planetary mixer merupakan mixer dengan kinerja layaknya seperti teori perputaran planet. Hal itu dikarenakan bowl tidak berputar namun beater berputar mengelilingi bowl. Hasil dari kinerja tersebut membuat adonan yang merata dan teksturnya menjadi lembut. Planetari mixer memiliki kemampuan yang berbeda-beda sehingga dibagi kedalam dua jenis berikut, diantaranya:

Frequency Adjustable Mixer

Jenis planetary ini memiliki pengaturan kecepatan dalam mengaduk yang dapat kita sesuaikan. Kecepatannya sekitar 40-300 RPM.

Baca lainnya  Alasan Mengapa Blender adalah Alat Wajib di Dapur Modern

Mixer Kecepatan Tetap

Mixer jenis ini memiliki kecepatan sekitar 65-373 RPM. Akan tetapi mixer jenis ini kecepatannya tidak dapat kita atur dikarenakan sudah tetap dengan pilihan tombol yang telah diatur.

Kecepatan dari mixer sudah terbagi kedalam dua jenis, tidak hanya itu alat ini juga memiliki fungsi pengadukan yang berbeda. Diantaranya adalah spiral, whip dan beater. Spiral digunakan untuk mengaduk bahan-bahan tepung atau adonan yang kental. Whip digunakan untuk adukan bahan-bahan yang encer seperti telur, susu, ataupun cream. Terkahir adalah beater yang digunakan untuk mengaduk aneka tepung, mentega, keju atau adonan untuk croissant dan pastry.

Planetary Mixer GUATAKA GTK020007 dijual di duniamasak.com
Mixer GUATAKA GTK020007 dijual di duniamasak.com

Planetary mixer memiliki berbagai jenis dan dapat digunakan diatas meja maupun langsung diatas lantai. Dengan manfaat yang banyak tidak heran kita akan menemukan mixer jenis ini di beberapa toko roti. Nah bagi sahabat Duma yang ingin membuka peluang usaha bakery tidak ada salahnya untuk investasikan pada alat yang satu ini. Sahabat Duma dapat konsultasikan kebutuhan dan rencana pembukaan usaha dengan sales dari tim Duniamasak.com. Tawaran harganya pun sangat bersaing dan serta pelayanan yang diberikan sangatlah membantu. Ayo kita lihat dahulu varian planetary mixer dari Duniamasak.com!

Baca lainnya  Jenis-jenis Kopi Terbaik di Indonesia: Yuk Cobain!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan