Keunikan yang Khas dari Arabian Coffee, Berani Coba?

Sahabat duma, pernahkah kamu meminum arabian coffe, atau menyeduh kopi layaknya arabian coffee sebenarnya? Jika kamu pecinta kopi mancanegara, tentu kamu mengerti bahwa orang-orang Arab dan Timur Tengah memiliki cara unik dalam menikmati kopi mereka. Meski tak dapat dipungkiri bahwa kedai kopi modern  di sana yang menyajikan menu-menu umum seperti espresso dan teman-temannya serta filter coffeetapi kebudayaan minum kopi secara tradisional masih dilakukan di rumah-rumah. Oiya, minum kopi di Timur Tengah telah ada sejak zaman nabi. Hingga kini ritual minum kopi tetap mengakar kuat bagi para penduduknya. Lalu bagaimana sebenarnya orang-orang di Arab dan sekitarnya menikmati kopi mereka?

Arabian Coffee

arabian coffee via fridaymagazine.ae

arabian coffee via fridaymagazine.ae

Kopi Tidak Diseduh, Tapi Direbus

Kopi untuk mereka tidak diseduh seperti layaknya kopi Gelombang Ketiga. Tidak juga menggunakan paper filter dan alat seduh lainnya. Cukup dengan mendidihkan air dengan alat yang disebut dallah yaitu semacam pot atau teko yang corongnya sempit. Lalu menggunakan kopi yang digiling halus dan mencampurkannya dengan kapulaga bubuk. Kopi dan kapulaga direbus bersama air dan disajikan pada cangkir-cangkir keramik kecil.

Baca lainnya  Tetap Olahraga Selama Bulan Puasa? Siapa Takut!

Kopi Tidak Disajikan Manis

Arabian Coffee ini tidak disajikan manis. Tidak diberi tambahan gula, madu, susu, krim atau apapun. Satu-satunya yang ditambahkan hanyalah bubuk kapulaga saja. Dan kopi yang biasa digunakan adalah kopi robusta yang pahit dan kuat aromanya. Jadi jika kamu ingin menikmati kopi ala Timur Tengah maka jangan coba-coba menambahkannya dengan rasa manis lainnya.

Dinikmati Bersama Kurma dan Manisan

Jika kopi yang disajikan di kedai kopi disajikan bersama kukis dan biskuit, maka arabian coffee ini disajikan dengan kurma. Kopi dinikmati sambil ngobrol atau berdiskusi dan kurma serta manisan menemani kopi itu sebagai camilannya. Sepertinya cocok dinikmati sehabis berbuka puasa ya!

Aroma adalah Kunci!

Oleh karena itu, diperlukan kopi robusta segar beraroma terbaik untuk jadi bahan baku utamanya. Dan jangan lupa sentuhan kapulaga sebagai kunci dari segala kenikmatan dan aroma dalam nikmat cangkir arabian coffee-mu! Jadi kapan kamu ingin mencoba bikin arabian coffee yang menggoda ini sahabat duma?

Baca lainnya  Peralatan Katering Yang Diperlukan Untuk Pemula
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan