Banyak yang Belum Tahu! Ini Cara Membersihkan Blender

Banyak yang Belum Tahu! Ini Cara Membersihkan Blender via freepik ala tim duniamasak.com

Sering dibuat jengkel ketika noda membandel terus menempel di blender sahabat Duma di rumah? Jika sedang mencari cara mudah untuk membersihkan blender, Duma punya solusi yang tepat nih! Memang menggiling bahan makanan dengan blender bisa membuat proses memasak menjadi lebih mudah. Akan tetapi perawatan dari blender juga harus diperhatikan. Kebersihan dari blender itu sendiri sangat berpengarush untuk kesehatan, pasalnya makanan yang menggunakan blender tersebut akan kita santap dan berpengaruh pada tubuh. Banyak yang belum tahu cara membersihkan blender dengan baik. Coba yuk kita simak artikel ini!

Cara Membersihkan Blender

Blender atau Juicer, Sebaiknya Pilih yang Mana yaa?
Blender via freepik

Meskipun kita tampak seperti merawat blender dengan mencucinya setiap kali selesai digunakan, mungkin saja masih ada sisa makanan di permukaannya. Hal inilah yang dapat menyebabkan bakteri tumbuh dan menyebabkan blender mudah rusak sebelum waktunya. Entah itu partikel kecil, noda warna, atau bau tak sedap dapat mengganggu fungsi dari blender itu sendiri. Sebaiknya periksa kembali petunjuk pembersihan berikut ini untuk blender yang kita miliki, agar tetap dalam kondisi baik:

Cuci blender dan nyalakan

Sebagai langkah awal, kita dapat memulai dengan membersihkan bagian dalam dari blender. Pasang blender dan isi dengan air hangat dan sabun cuci piring atau cuka. Nyalakan blender dengan kecepatan maksimum dan biarkan selama beberapa detik untuk membilas seluruh permukaan tabung. Beberapa model blender dilengkapi dengan tombol cuci pada motor, yang memungkinkan kita dapat membersihkannya dengan mudah setelah digunakan. Tunggu hingga 5-10 menit, kemudian matikan blender dan buang air bekas cuciannya.

Baca lainnya  Cari Tahu Tentang Adas Manis, Banyak Manfaatnya loh!

Lepas semua bagian

Sebelum kita mulai membersihkan blender, lepaskan semua bagian-bagian blender. Ini akan membuat pekerjaan kita lebih mudah. Lepaskan rakitan tabung dari dasar motor, dan buka tutupnya. Lepaskan karet pada dasar blender, dan juga beberapa bagian yang ada didalam blender. Disarankan untuk lepaskan bilah pisau blender agar kita juga bisa membersihkannya. Hal itu karena permukaan pisau bisa tertutup oleh sisa makanan yang tidak terlihat.

Rendam dalam larutan asam

Setelah mengeluarkan semua bagian, rendam dalam larutan asam seperti jus lemon, air jeruk nipis, atau cuka. Ini akan membantu menghilangkan noda yang menumpuk dan mengembalikan permukaan blender ke kondisi aslinya. Bahan-bahan ini bekerja dengan baik untuk memudarkan noda warna yang mungkin tertinggal di blender. Merendam blender dalam asam semalaman atau setidaknya selama enam jam tidak berpotensi merusak pisau

Gosok setiap bagian dengan sikat yang halus

Selanjutnya, kita akan menggosok setiap bagian blender menggunakan sikat lembut. Menjaga blender agar tetap bersih sangat penting untuk membuat minuman dan makanan yang halus. Duma menyarankan untuk berhati-hati saat menyikatnya, karena penting untuk menghindari lecet. Untuk hasil terbaik, celupkan kuas ke dalam pasta soda kue sebelum mulai menyikat.

Baca lainnya  Mengatasi Maag Bukanlah Hal Sulit, Berikut Bahan Alami yang Harus Kamu Konsumsi

Bilas dengan air bersih

Selanjutnya adalah bilasan terakhir, yang menggunakan air bersih. Untuk menghindari kotoran yang tersisa, lakukan ini di bawah air mengalir. Tekanan air akan membantu mengangkat kotoran yang mungkin menempel di permukaan. Jika ingin membersihkan blender, kita bisa menggunakan kain basah atau spons untuk mengelapnya. Setelah proses memblender selesai, letakkan blender terbalik untuk mengalirkan sisa air

Jemur dibawah sinar matahari

Kita dapat membawa ke luar untuk mengeringkan semua bagian blender. Pastikan untuk menempatkan di dekat sinar matahari agar cepat menguap. Dengan cara ini, maka akan membuat air cepat mengering di permukaan tabung.

Bersihkan bagian luar motor

Terakhir, bersihkan blender dari debu dan kotoran yang menumpuk seiring waktu. Namun, jangan memasukkan motor blender ke dalam air karena dapat merusak mesin. Sebaiknya gunakan kain lembab untuk menyeka seluruh bagian luar motor blender. Ini akan membantu menjaga agar motor tetap berjalan dengan baik dan memastikan kinerja yang optimal.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!