Keunggulan Memilih Oven Konveksi, Cek Disini!

Apa Itu Oven Konveksi?

Sahabat duma, sebelumnya kamu tahu nggak sih apa itu oven konveksi? Oven ini memiliki elemen pemanas pada bagian atas dan bawahnya, yang membuatnya berbeda dikarenakan oven ini memiliki kipas sebagai tambahan pada elemen pemanas. Kipas tersebut mengedarkan udara ke seluruh oven secara terus-menerus saat proses pemasakan. Proses pengembusan udara panas ke sekeliling makanan pada saat dimasak akan membuatnya matang lebih merata. Berbeda dengan oven tradisional yang dapat membuat beberapa bagian makanan tidak matang secara merata, atau membuatmu harus mengganti rak di dalamnya.

Oven Konveksi Getra via DuniaMasak.com

Oven Konveksi Getra via DuniaMasak.com

Efesiensi Waktu

Oven konveksi dapat memasak makanan lebih cepat dan dengan suhu yang lebih rendah daripada oven tradisional. Hal ini disebabkan oleh kipas yang mengedarkan panas ke sekeliling makanan dengan lebih cepat sehingga membuatnya matang secara lebih merata, dan dalam waktu yang lebih singkat pula. Sehingga kamu bisa memaksimalkan waktu memasak dengan sangat efektif.

Penggunaan yang Nyaman

Oven konveksi berukuran lebih kecil dari pada oven konvensional. Sehingga tidak akan menghabiskan ruang terlalu banyak pada dapurmu. Oven ini juga melepaskan lebih sedikit panas ke rumahmu. Sementara oven tradisional akan meningkatkan suhu di ruangan sekitar secara signifikan.

Penggunaan Oven Konveksi via michaelsoroka.com

Penggunaan Oven Konveksi via michaelsoroka.com

Saat ini pengaturan konveksi tidak hanya tersedia pada oven yang berukuran lebih besar saja, tetapi juga pada oven pemanggang roti. Hal ini memberikan kenyamanan penggunaan oven pemanggang roti, namun dengan keunggulan oven konveksi. Suhu panas di rumah akan berkurang selagi menghemat waktu dan listrik karena proses pemasakan yang lebih singkat, pengaturan konveksi yang lebih efisien, dan penggunaan alat yang lebih kecil.

Memasak dengan Oven Konveksi

1. Turunkan temperatur saat memasak dengan oven konveksi

Temperatur oven harus diturunkan jika dibandingkan dengan resep memasak menggunakan oven tradisional, karena udara panas beredar ke sekeliling makanan. Resep memanggang pada umumnya menyarankan penurunan temperatur hingga 20-25 derajat jika memasak menggunakan oven konveksi

Baca lainnya  Membersihkan Wajan Penggorengan Anti Lengket Ala Tim Duma!

2. Kurangi waktu memasak

Karena oven ini dapat memasak dengan lebih cepat, kurangi waktu yang biasa digunakan pada oven tradisional. Mulailah dengan mengurangi 1/3 waktu dari resep aslinya. Kalkulator konveksi bisa digunakan untuk mendapatkan estimasi yang lebih akurat jika tidak dapat menemukan resep yang dapat dicocokkan dengan oven konveksi.

3. Gunakan loyang yang sesuai

Karena oven konveksi memasak dengan cara yang sedikit berbeda, gunakan loyang yang berbeda pula untuk memaksimalkan manfaat dari penggunaannya. Gunakan loyang kue kering tanpa sisi. Pastikan loyang pemanggang memiliki sisi yang rendah sehingga membantu aliran udara panas mencapai makanan.

Loyang tanpa pinggiran dan sekat yang dilapisi dengan kertas perkamen (kertas roti) sangat cocok untuk memanggang kue kering. Letakkan loyang pada rak yang berada di bawah rak makanan untuk menampung tetesan air. Cara ini memungkinkan aliran udara panas mencapai makanan sembari menampung tetesan air.

4. Jangan tutupi makanan

Jangan tutupi makanan ketika memasak menggunakan oven konveksi. Menutup makanan akan menghalangi aliran udara yang merupakan bagian dari proses memasak saat menggunakan oven konveksi. Tahan diri Anda untuk menutupi makanan dengan foil aluminium.

5. Periksa makanan selama proses pemasakan

Sama halnya dengan oven tradisional, perhatikan makanan selama dimasak menggunakan oven pemanggang roti konveksi. Periksalah kira-kira pada ¾ waktu memasak, atau 10 menit sebelum selesai. Cara ini akan membantu memastikan apakah makanan di dalam oven kurang atau terlalu matang.

6. Ketahui makanan apa yang paling baik dimasak menggunakan oven pemanggang roti

Oven konveksi memasak lebih kering daripada oven tradisional, yang sewaktu-waktu bisa jadi lebih lembap atau beruap. Oleh karena itu, berikut adalah makanan yang paling baik dimasak dengan menggunakan oven ini:

Memudahkan anda di dapur via https://www.cuisinart.com/

Memudahkan anda di dapur via https://www.cuisinart.com/

  • Daging. Karena panas yang kering, daging lebih baik dipanggang menggunakan oven ini. Proses pemasakan menggunakan oven tersebut memberikan hasil kulit yang renyah sempurna, tetapi lembut di bagian dalam.
  • Pai dan kue kering. Kue kering akan matang dengan cokelat merata, sedangkan pastry akan lebih renyah dan mengembang. Bolu dan roti kurang cocok dipanggang menggunakan oven ini karena panas kering yang dihasilkan sehingga membuatnya kering, alih-alih menjadi lembut.
Baca lainnya  5 Kuliner Indonesia Yang Mendunia

Ketahui bahwa resep pada umumnya dapat diubah. Setelah mengetahui apa itu oven konveksi, memasak dengannya menjadi relatif lebih mudah. Hampir semua resep dapat digunakan pada oven ini. Ingat saja langkah-langkah di atas: kurangi suhu dan waktu memasak, perhatikan selama proses berlangsung, dan kurangi tinggi sisi loyang. Selain itu – bahan-bahan dan persiapan penyajian – sama halnya dengan resep tradisional. Yuk lihat koleksi oven konveksi terlengkap di DuniaMasak.com!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan