Seputar Alat Masak Kaca yang Wajib Kamu Ketahui

Sahabat duma, banyak banget nih alat masak yang bisa kita gunakan di dapur. Mulai dari variasi bentuk, kegunaan, hingga bahannya. Berdasarkan bentuknya ada yang berupa panci, kuali, atau fry pan. Sementara berdasarkan kegunaannya ada yang untuk menumis, memanggang, merebus, atau mengukus. Bahannya sendiri juga bermacam-macam nih. Mulai dari alumunium, besi, kayu, hingga kaca. Nah, alat masak kaca sendiri memang punya kelebihan dan kekurangannya. Manfaatnya pun pasti berbeda dengan jenis alat masak lainnya. Selengkapnya DuniaMasak akan memberikan seputar informasi penting dari peralatan masak kaca.

Koleksi Alat Masak Kaca via amazon.com

Koleksi Alat Masak Kaca via amazon.com

Kelebihan Alat Masak Kaca

Bahan kaca bersifat solid, sehingga lemak dan minyak pun tidak lengket dan tidak akan susah untuk dibersihkan. Saat memasak, kamu juga bisa memperhatikan makanan di atas kompor karena alat kaca transparan. Selain, alat masak berbahan kaca ini terkenal paling baik untuk kesehatan dibandingkan bahan lainnya. Alat masak ini juga multifungsi loh, selain digunakan untuk memasak, kamu juga bisa langsung menggunakannya sebagai wadah saji di atas meja makan. Praktis dan penggunaannya sangat mudah. Sehingga kamu tidak perlu memindahkan hidangan lagi ke piring atau mangkuk saji. Terakhir jangan lupa untuk mengalasinya dengan tatakan tahan panas ya. Hasil masakanmu dijamin akan terlihat profesional seperti chef di restoran-restoran.

Baca lainnya  Makanan Berikut Mampu Memutihkan Wajah Secara Permanen

Cara Penggunaan Alat Masak Kaca

Karena terbuat dari kaca, kamu harus berhati-hati menggunakannya. Tidak seperti alumunium, kaca tidak terlalu tahan terhadap panas. Kalau terlalu panas, kaca pun bisa pecah. Sebenarnya pembuatan alat masak kaca sendiri sudah diproses sedemikian rupa hingga bisa stabil dan bertahan pada temperatur tinggi. Tapi, temperatur tingginya pun memiliki batas maksimal lho!

Memasak dengan alat masak kaca via www.internationalhousewares.com

Memasak dengan alat masak kaca via www.internationalhousewares.com

Kamu bisa menggunakan alat kaca ini untuk memasak di atas kompor api ataupun kompor induksi namun tidak untuk memasak di dalam oven ya! Perlu diingat apabila kamu menggunakan alat memasak kaca, makanan akan lebih lama matang. Sebab, kaca tidak menghantarkan panas sebaik peralatan masak berbahan alumunium.

Cara Perawatan Alat Masak Kaca

Ketika kamu sudah selesai memasak dengan alat kaca, jangan langsung menyiramnya dengan air keran. Biarkan kaca terkena room temperature beberapa saat. Setelah itu baru cuci bersih dengan sabun. Mencucinya juga mudah dan tidak memerlukan banyak sabun.

Karena kaca mudah pecah, makanya saat menyimpannya usahakan untuk jauh dari jangkauan anak-anak atau tempat yang penuh barang. Sebelum disimpan untuk jangka waktu lama, kamu bisa membungkusnya dengan kertas koran atau kain. Selain menghindari retak atau pecah, kaca yang dibungkus ini juga bisa tetap membuatnya tetap mengkilat. Kamu juga bisa membungkusnya dengan kardus. Jangan menyimpan alat masak kaca dengan cara ditumpuk-tumpuk, ya! Apalagi ditumpuk dengan alat masak dengan bahan yang lain, seperti besi atau aluminium. Boleh saja ditumpuk tapi usahakan dengan kapasitas tidak terlalu banyak.

Baca lainnya  Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

Berdasarkan informasi  di atas, semoga bisa menjadi referensimu ya untuk membeli ataupun merawat peralatan masak kaca.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan