Tips Menggunakan Kertas Roti yang Benar, Baking Jadi Gampang!

Hai sahabat duma! Mendekati lebaran idul fitri seperti sekarang ini, biasanya kamu akan disibukkan dengan kegiatan baking. Membuat kue itu terbilang sulit lho, karena jika salah satu step atau caranya terlewati maupun salah, akan sangat mempengaruhi rasa dan hasilnya akan tidak sesuai yang diharapkan, begitu kata para beberapa ahli baking dalam editor’s pick DuniaMasak. Sering kali dianggap sepele proses yang satu ini tidak begitu diperhatikan para pembuat kue. Ya, proses melapisi loyang dengan kertas roti. Kamu tidak boleh menyepelekan proses ini, karena jika tidak tepat melapisi loyang kue dengan kertas roti akan mempengaruhi bentuk kue. Agar hasil baking mu sempurna, ikuti cara sederhana ini.

Prosedur Menggunakan Kertas Roti

Kertas Roti via pixabay.com

Kertas Roti via pixabay.com

Melapisi loyang kue dengan kertas roti ataupun kertas baking adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Karena dibutuhkan trik khusus agar seluruh kertas menutupi dan melingkari loyang kue dengan sempurna lho! Jika cara penataannya tidak tepat, atau tidak menutupi permukaan loyang kue dengan sempurna, bisa jadi kue lengket ketika dikeluarkan dari loyang, dan bahkan kemungkinan besar tidak matang dengan sempurna.

Baca lainnya  [QUIZ] Bisakah Kamu Menebak Gambar Cempedak di Antara Nangka?

Cara Menggunakan Kertas Roti Baking Paper yang Tepat

1. Siapkan kertas roti / baking paper dan loyang yang akan digunakan, pensil dan gunting.

2. Ukur kertas baking dengan meletakkan loyang di atas kertas baking tadi kemudian garisi atau lingkari dengan pensil. Lebihkan ukuran semula hingga 2 cm dari ukuran loyang, untuk bagian sisi loyang maupun lingkaran loyang.

3. Gunting kertas baking sesuai dengan garis atau tanda yang telah dibuat dengan pensil. Khusus untuk kertas pinggiran loyang, setelah digunting lipat ujung kertas sedalam 1 cm, kemudian gunting ujungnya dengan jarak 2 cm untuk memudahkan proses penempelan pada sisi loyang nantinya.

5. Perhatikan cara pemotongan, karena ukuran yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mempengarhui kematangan kue ketika dipanggang.

4. Khusus alas loyang, gunakan loyang untuk mencetak garis bulat pada kertas roti menggunakan pensil. Tetap lebihkan 2 cm ya! Kemudian gunting, dan masukan sebagai alas loyang.

Meski sedikit rumit, tapi penempatan kertas baking pada loyang cukup berpengaruh pada keberhasilan hasil kue yang kamu buat. Demi hasil yang maksimal, sebaiknya kamu menggunakan kertas baking kualitas terbaik yang akan menunjang hasil pembuatan kuemu. Gunakanlah kertas baking yang sesuai dengan kebutuhan pembuatan kue itu sendiri. Kamu bisa melihat berbagai penawaran terbaik dari SEVEN untuk kategori kertas roti / baking paper di sini.

Baca lainnya  Menyeduh Kopi Dengan Ibrik Bikin Kopi Tambah Menarik
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan