Beragam Jenis Susu Yang Terkenal Untuk Membuat Kue

Susu adalah minuman bergizi berwarna putih yang dihasilkan dari susu mamalia. Susu mengandung nutrisi penting diantara lain vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, mineral, dan lemak. Susu memiliki banyak kandungan dan manfaat yang baik bagi tubuh seperti dapat membantu pertumbuhan tulang dan menopang tulang agar tidak keropos. Umumnya, susu hewan diolah ke bentuk lain menjadi berbagai produk makanan seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan sebagainya. Susu asli maupun susu yang sudah diolah bisa dikonsumsi oleh manusia secara langsung serta bisa juga dijadikan olahan lain lagi seperti kue, roti, dan lainnya.

Jenis Susu untuk Pembuatan Kue

Jenis susu via freepik ala duniamasak
Jenis susu via freepik

Tentunya ketika mendengar kata ‘susu’ akan terbesit secara langsung dengan minuman dan bahan baku kue. Kue memang identik dengan makanan penutup yang manis sehingga hampir semua bahan dasarnya menggunakan susu. Susu yang dipakai juga ternyata terdapat berbagai macam jenis sesuai dengan kebutuhan kue tersebut. Berikut adalah beragam jenis susu yang terkenal untuk membuat kue:

Susu Pasteurisasi

Susu jenis ini adalah susu sapi murni yang telah mengalami proses pemanasan dengan suhu 72– 75° C selama 15 detik untuk menghilangkan organisme yang merugikan, termasuk bakteri pembusuk sehingga susu akan lebih tahan lama. Setelah itu, akan didinginkan pada suhu 10° C, lalu dikemas di dalam botol atau karton steril. Susu ini dapat tahan beberapa hari di dalam

Baca lainnya  Yuk Intip Makanan Khas 17 Agustus: Referensi Menyelenggarakan Event Kemerdekaan!
lemari es. Susu pasteurisasi bisa digunakan dalam pembuatan kue basah dan olahan minuman segar.

Susu UHT

Susu UHT merupakan kepanjangan dari Ultra Heat Treatment yang artinya diolah dengan suhu tinggi setelah pemerasan. Susu dipanaskan selama 2-3 detik pada suhu 135-150° C dan segera didinginkan sampai 4-5°C. Proses ini dilakukan agar susu steril dari ancaman mikroba. Susu UHT biasanya dilakukan dengan cepat saat pengemasan agar keadaan susu tetap steril dan dapat digunakan dalam waktu jangka panjang. Selain menjadi susu yang praktis dikonsumsi setiap hari, susu UHT juga dapat digunakan sebagai tambahan sereal, milkshake, membuat pudding, dan kue.

Susu Bubuk

Susu bubuk adalah susu cair yang mengalami proses pengeringan atau bisa dibilang dengan cara pembuangan kadar air. Air dalam susu bubuk sangat kecil yaitu sekitar 9% sehingga susu bubuk cenderung lebih tahan lama dan lebih mudah diolah. Kebanyakan masyarakat menjadikan susu bubuk menjadi minuman yang diseduh dengan air sebagai konsumsi sehari-hari. Susu jenis ini juga sering dipakai dalam bahan baku pembuatan kue kering dan donat.

Susu Full Cream

Susu full cream adalah susu segar yang sudah dipasteurisasi dan biasanya dalam bentuk bubuk atau cair. Susu full cream memiliki kandungan lemak yang tinggi yaitu sekitar 3% sehingga membuat aroma susu full cream lebih kuat dibanding susu lainnya. Rasa susu yang creamy ini cocok untuk dibuat saus

Baca lainnya  Tidak Hanya Untuk Keju, Ketahui Berbagai Jenis Parutan Lainnya
pasta atau sebagai tambahan adonan roti, kue kering, dan bolu panggang.

Susu Kental Manis

Susu kental manis adalah susu yang memiliki tekstur kental dan rasa manis yang lebih banyak dibanding jenis susu lain karena campuran gula. Susu jenis ini menjadi favorit hampir setiap orang untuk digunakan sebagai siraman roti ketika sarapan, dituang diatas martabak, pudding, dan makanan lainnya. Jika sudah menggunakan susu kental manis dalam makanan, biasanya akan dikurangi untuk pemakaian gula lagi karena rasanya sudah manis sekali.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan