Cara Membersihkan Botol Susu Bayi yang Benar

Cara membersihkan botol susu bayi via freepik ala tim duniamasak.com

Membersihkan botol susu bayi rupanya harus dilakukan dengan cara yang benar. Walaupun terlihat mudah, rupanya kebersihan botol susu bayi sangatlah penting. Pasalnya, botol susu akan menyentuh daerah bibir bayi. Agar kesehatan sang bayi tetap terjaga, maka kebersihan pada botol bayi wajib kita perhatikan.

Jaga Kesehatan Si Kecil dengan Botol Susu yang Bersih

Cara membersihkan botol susu bayi via freepik ala tim duniamasak.com
Bayi via freepik

Walaupun sudah banyak para orang tua yang memperhatikan kebersihan botol susu bayi, rupanya masih ada juga yang masih abai terhadap kebersihan botol susu si kecil. Padahal, dengan memperhatikan kebersihan botol susu si kecil, kita dapat mencegah bakteri maupun virus yang masuk kedalam tubuh si kecil. Salah satunya adalah infeksi pencernaan seperti diare maupun muntah. Tentunya sebagai orang tua kita tidak ingin hal tersebut dialami oleh sang buah hati. Agar menghindari hal tersebut terjadi, berikut ini adalah cara membersihkan botol susu bayi dengan benar yang harus diperhatikan oleh sahabat Duma:

Baca lainnya  Tips Mengatur Peralatan Dapur di Rumah Agar Lebih Menarik
Membersihkan botol susu bayi (manual)

Bila sahabat Duma membersihkan botol ssusu dengan tangan (manual) maka hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Pastikan kita mencuci tangan kita terlebih dahulu kurang lebih 20 detik dengan sabun dan air yang mengalir. Agar kuman dan bakteri yang menempel pada tangan hilang.
  • Bagian-bagian pada botol susu dipisahkan mulai dari dot, tutup botol, hingga botol. Kemudian bilas dengan air yang mengalir.
  • Siapkan air hangat yang sudah dicampur dengan sabun. Masukkan bagian-bagian botol kedalam air hangat tersebut.
  • Siapkan sikat khusus botol yang berfungsi untuk menyikat bagian-bagian botol. Sikat seluruh bagian botol hingga ke dasar botol agar kuman tidak menumpuk didalam botol. Pada bagian dot, pastikan air dapat keluar dengan sempurna untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada dot.
  • Setelah semua bagian-bagian botol sudah dibersihkan, bila kembali dengan air mengalir. Keringkan dengan handuk khusus untuk mengeringkan botol.
Baca lainnya  Intip Kado Cokelat Valentine Termahal Di Dunia
Membersihkan botol susu bayi (mesin pencuci)

Walaupun kita menggunakan mesin pencuci botol bayi, tetap perhatikan kebersihan tangan sahabat Duma saat ingin memulai membersihkan botol susu bayi. Setelah mencuci tangan sahabat Duma dapat melakukan langkah berikut:

  • Bagi beberapa bagian botol susu mulai dari dot, tutup botol hingga botol susunya.
  • Bilas dengan air bersih seluruh bagian botol susu menggunakan air hangat maupun air dingin.
  • Setelah itu, bagian-bagian dari botol tersebut siap dimasukkan kedalam mesin pencuci. Untuk bagian yang kecil sebagiknya dimasukkan dalam keranjang agar tidak tercecer.
  • Air hangat juga dapat digunakan saat mencuci kedalam mesin pencuci agar kebersihan yang didapat maksimal.
  • Kemudian keringkan bagian-bagian botol dengan handuk khusus botol yang bersih.
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!