Cara Memilih Wok Pan Untuk Chinese Food

Wajan berbentuk cekung adalah alat masak multifungsi yang dapat digunakan untuk berbagai macam cara memasak, seperti menggoreng, menumis, merebus, dan menggoreng. Nah umumnya pada masakan chinese food, kita akan menggunakan wok pan untuk mengolahnya. Berikut ini adalah cara memilih wok pan untuk chinese food:

Cara Memilih Wok Pan Untuk Chinese Food

Wajan Penggorengan via thewokzone.com Cara Memilih Wok Pan Untuk Chinese Food
Wajan Penggorengan via thewokzone.com

Kali ini Duma akan membahas berbagai jenis wajan, seperti bahan dengan pilihan dari stainless steel tahan karat dan anti lengket. Duma juga akan memberikan rekomendasi cara memilih wok pan yang tepat untuk masakan chinesse food. Yuk kita simak ulasannya!

Berdasarkan material

1. Alumunium

Panci aluminium populer karena konduktivitas panasnya yang cepat. Banyak orang memilih wajan aluminium karena harganya bervariasi dan mudah ditemukan yang murah. Berbagai bentuk, model wajan penggorengan aluminium tersedia. Selain wajan aluminium klasik, ada juga versi yang dilapisi anti lengket.

2. Stainless steel

Panci stainless steel dikenal tahan terhadap karat dan penyok. Mereka juga lebih tahan lama daripada panci aluminium dan biasanya lebih berat. Jika sahabat Duma ingin menggunakan peralatan memasak yang lebih ramah lingkungan, maka dapat memilih wajan yang terbuat dari stainless steel SUS 304. Stainless steel SUS 304 dikenal memiliki ketahanan terhadap korosi dan food grade.

3. Cast iron

Baca lainnya  Penting, Berikut Efek Samping Kopi Bagi Laki-laki!

Bagi mereka yang khawatir tentang kesehatan, cast iron adalah alat memasak yang aman. Namun, mungkin sulit untuk memegangnya dengan satu tangan karena beratnya. Keunggulan wajan yang terbuat dari cast iron adalah kekuatan dan ketahanan yang lama; dengan perawatan yang tepat, mereka dapat bertahan seumur hidup. Mereka juga aman digunakan pada suhu tinggi. Pengguna cast iron sering dikaitkan dengan makanan yang dimasak di wajan ini memiliki rasa dan bau yang lebih enak.

4. Carbon steel

Karena kemiripannya, carbon steel sering disalahartikan sebagai cast iron, meskipun sebenarnya lebih ringan. Carbon steel mungkin merupakan pilihan yang lebih baik jika sahabat Duma senang mengayunkan gagang panci saat memasak. Carbon steel dan cast iron dapat digunakan untuk memasak makanan Cina dan teknik memasak suhu tinggi lainnya karena mampu menahan suhu tinggi.

Bahan pelapisnya

1. Uncoated

Agar makanan tidak lengket atau gosong, wajan tanpa lapisan anti lengket membutuhkan minyak. Untuk wajan tanpa lapisan, bahan seperti cast iron, carbon steel, dan stainless steel sering digunakan. Untuk menghindari risiko kesehatan, panci yang tidak dilapisi dianggap lebih tahan lama dan lebih sehat daripada panci yang dilapisi.

2. Non-stick

Bagi mereka yang ingin mengurangi penggunaan minyak goreng, wajan anti lengket biasanya terbuat dari aluminium dan dilapisi dengan bahan anti lengket. Mereka juga populer karena mudah dibersihkan dan tidak menempel pada makanan. Biasanya pelapis anti lengket seperti teflon, keramik, granit, marmer, dan titanium.

Baca lainnya  Beragam Jenis Susu Yang Terkenal Untuk Membuat Kue

Gagang tahan panas

Umumnya ada dua jenis wajan: satu dengan dua pegangan di kedua sisi, dan yang lain dengan pegangan panjang, seperti yang digunakan di restoran Cina. Memiliki pegangan yang terbuat dari bahan tahan panas, seperti silikon atau kayu, akan membuat proses memasak menjadi lebih mudah dan nyaman.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com