Merawat Oven Microwave Agar Awet dalam Pemakaiannya

Sahabat duma, bagi kamu yang mempunyai oven microwave, apakah sudah rutin merawatnya agar tidak mudah rusak? Terkadang kita seringkali salah ataupun tidak mengerti bagaimana harus merawat oven microwave. Kamu nggak perlu khawatir, berikut tim duma akan memberikan tata cara bagaimana merawat oven microwave agar awet dalam pemakaiannya.

Tips Merawat Oven Microwave Agar Tahan Lama

1. Cek jaringan kabel dan sumber listrik (stop contact) secara berkala.

Cek jaringan kabel dan sumber listrik (stop contact) yang menuju oven secara berkala. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan korseleting listrik atau kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya. Pastikan kabel-kabel yang terhubung tidak tertindih benda berat dan tidak mengelupas karena gigitan tikus ya sahabat duma! Segera cabut steker bila proses memasak sudah selesai.

Microwave Oven Modena via DuniaMasak.com

Microwave Oven Modena via DuniaMasak.com

2. Simpan oven pada tempat aman.

Biasakan menggunakan tempat yang aman saat memasak. Wadah yang tidak aman kemungkinan dapat merusak komponen mesin juga makanan yang dimasak. Hindari menggunakan wadah makanan dari logam karena berpotensi menimbulkan percikan api yang berbahaya. Wadah makanan yang direkomendasikan dari bahan melamin.

Baca lainnya  Apa itu Sharenting? Orang Tua Wajib Tahu!

3. Setting timer oven sesuai kebutuhan.

Sesuaikan timer dengan jenis makanan yang akan dimasak. Misalnya, jika bahan makanan yang akan dimasak termasuk jenis bahan yang cepat matang, aturlah timer yang cepat. Demikian juga sebaliknya.

Microwave Oven Panasonic via DuniaMasak.com

Microwave Oven Panasonic via DuniaMasak.com

4. Jangan tinggalkan oven saat menyala.

Sewaktu proses memasak berlangsung jangan tinggalkan oven microwave terlalu lama. Makanan yang gosong juga berpotensi menimbulkan percikan api yang berbahaya. Bila perlu tunggu sampai proses memasak selesai. dan angan memasak bahan cair terlalu lama ya! Karena jika melebihi suhu maksimal air dapat meluber keluar lho! Hal ini tentu saja dapat menimbulkan karat sekaligus merusak komponen oven.

5. Jeruk nipis bisa hilangkan bau.

Khusus untuk jenis masakan tertentu kadang meninggalkan bau yang menyengat dalam oven microwave. Agar melenyapkan bau atau aroma tidak sedap, gunakan irisan jeruk nipis, serai dan serbuk vanili dalam sebuah wadah lalu letakkan dalam ruang pemasakan. Setelah itu nyalakan oven sekitar 30 detik sehingga aroma dalam oven berubah menjadi harum.

Microwave Oven Fotile via DuniaMasak.com

Microwave Oven Fotile via DuniaMasak.com

6. Lap dengan kain bersih.

Jika banyak kotoran sisa makanan yang tertinggal, bersihkan bagian dalam oven menggunakan kain lap lembab. Setelah bersih keringkan dengan cara menyalakan oven selama 30 detik. Uap kain yang lembab sangat efektif melepaskan semua kotoran yang menempel. Terakhir bersihkan bagian dalam oven menggunakan kain lap kering.

Baca lainnya  Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan