Cara Menata Meja Makan yang Baik, Sudah Tahu Belum?

Meja makan unik via freepik ala duniamasak Cara Menata Meja Makan yang Baik, Sudah Tahu Belum

Saat membahas mengenai penataan meja di suatu restoran, rumah makan maupun hotel maka akan terkenal dengan sebutan table set up atau hal-hal yang mengenai table setting. Misalnya untuk table setting saat sarapan, makan siang dan makan malam. Namun ada juga table setting yang berorientasi pada Russian service atau American service, dimana pada umumnya penataan tersebut sangat perlu diketahui oleh mereka yang bekerja di bidang food and beverage. Yuk cari tahu cara menata meja makan!

Cara Menata Meja Makan

Bagi sebagian orang, menata meja mungkin masih asing atau sering disebut dengan table setting. Agar sukses di bidang ini, kita harus memiliki pengetahuan tentang table set up dan dapat mengatur tabel dengan benar. Menata meja adalah bagian penting dari bidang ini. Dimulai dengan peralatan makan silverware, kemudian peralatan makan chinaware, dan terakhir peralatan makan glassware. Menambahkan aksesoris meja yang cantik bisa membuat pengalaman bersantap semakin istimewa. Berikut ini adalah cara menata meja makan berdasarkan jenisnya:

Basic Table Setting

Basic table setting adalah model yang cukup sederhana. Penataan jenis ini umumnya digunakan untuk menyajikan makanan pembuka.

Standart Table Setting

Standart table setting sangat cocok untuk menyajikan menu sarapan, makan malam, dan makan siang, yang membedakannya dengan basic table setting adalah penambahan sendok membuatnya semakin istimewa.

Baca lainnya  Tubuh Tetap Bugar Selama Bulan Puasa, Lakukan Tips Berikut!

Elaborate Table Setting

Selanjutnya adalah elaborate table setting yang paling sering digunakan saat menyajikan makanan lengkap. Penataan meja makan seperti ini sangat cocok untuk acara-acara khusus seperti tamu kenegaraan.

Aturan Posisi Alat Makan

Tips menata meja makan di acara natal tahun baru hari ibu via freepik ala duniamasak  Cara Menata Meja Makan yang Baik, Sudah Tahu Belum?
Menata meja makan via freepik

Basic setting table

Meski penataan meja sederhana, tetap ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Menambahkan table runner akan membuat meja terlihat cantik. Urutan dalam susunannya harus diatur dari kiri ke kanan, dimulai dari garpu. Tempatkan piring di sisi kanan garpu, lalu gunakan alat pisau yang tepian tajamnya menghadap pada piring. Alat terakhir adalah sendok di paling kanan. Jika makan secara informal, serbet dapat diletakkan di bawah garpu atau piring.

Informal setting table

Menata meja makan informal, kebanyakan orang memilih untuk melakukan ini di acara santai dengan teman dekat. Menu makanan mulai dengan sup, salad, menu utama, dan makanan penutup.

Untuk menikmati makan malam, penting untuk meletakkan piring dengan benar di atas meja. Setelah itu, harus meletakkan serbet di atas piring. Selanjutnya adalah dua garpu, garpu akan berada di sisi kiri piring. Terdapat dua jenis garpu, garpu besar untuk menu utama dan garpu kecil untuk salad maupun makanan pembuka.

Baca lainnya  Rekomendasi Pilihan Busana Untuk Rayakan Tahun Baru

Jangan lupakan serbetnya, peralatan makan seperti ini sangat penting untuk makanan yang sempurna. Silakan lipat dan masukkan serbet ini ke dalam cincin serbet. Jika tidak memiliki cincin serbet, kita dapat mmeletakkannya tepat di sebelah kiri garpu atau tengah piring untuk dinner plate. Berikutnya letakkan pisau yang digunakan untuk makan malan yang sisi tajamnya menghadap ke piring. Pada jamuan informal pisau dapat digunakan untuk hidangan apa saja. Hindari menggunakan pisau yang telah dipakai dan meletakkannya diatas meja maupun taplak meja.

Alat sendok selalu berada di sebelah kanan pisau, menjadikannya alat yang sempurna untuk mengaduk sup atau saus. Pertama kali menerima makanan, itu sup. Secara alami, sendok sup akan diletakkan di sisi terluar atau kanan pisau.

Selanjutnya, silakan letakkan peralatan gelas di sisi kanan atau diatas piring makan. Penataan meja makan ini juga dapat ditambahkan piring salad, roti, mentega dan alat sendok garpu untuk hidangan penutup. Namun untuk perlengkapan makan ini bersifat opsional.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!