Cara Merawat Talenan Kayu, Awet!

Talenan kayu adalah salah satu peralatan dapur yang sangat berguna dalam kegiatan memasak. Selain sebagai tempat untuk memotong dan mengiris bahan makanan, talenan kayu juga sering digunakan sebagai alas untuk menyajikan hidangan. Berikut ini adalah cara merawat talenan kayu agar awet!

Cara Merawat Talenan Kayu

Talenan kayu via freepik/freepik Cara Merawat Talenan Kayu, Awet!
Talenan kayu via freepik/freepik

Seperti benda-benda lainnya, talenan kayu juga membutuhkan perawatan agar tetap awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa cara merawat talenan kayu yang dapat sahabat Duma lakukan di rumah.

Bersihkan setelah digunakan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan talenan kayu setelah digunakan. Gunakan air hangat dan sabun untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada talenan. Pastikan membersihkan seluruh bagian talenan termasuk sela-sela dan sudut-sudutnya. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap bersih.

Jangan menggunakan deterjen atau bahan kimia berbahaya

Hindari menggunakan deterjen atau bahan kimia berbahaya seperti pemutih atau cairan penghilang noda pada talenan kayu. Karena bahan-bahan tersebut dapat merusak permukaan kayu dan menyebabkan talenan menjadi rapuh. Sebagai gantinya, gunakan bahan-bahan alami seperti cuka atau lemon untuk membersihkan dan menghilangkan noda pada talenan kayu.

Baca lainnya  TOFFIN, Solusi Nyata Untuk Para Pecinta Kopi

Jangan direndam dalam air terlalu lama

Talenan kayu tidak boleh direndam dalam air terlalu lama karena dapat menyebabkan kayu menjadi lembab dan akhirnya membusuk. Cukup bersihkan dengan air hangat dan segera keringkan setelah digunakan.

Olesi dengan minyak sayur secara teratur

Agar talenan kayu tetap awet dan tahan lama, Anda dapat mengolesi permukaannya dengan minyak sayur secara teratur. Caranya adalah dengan menuangkan sedikit minyak sayur pada lap bersih, lalu usapkan secara merata pada seluruh permukaan talenan. Minyak sayur akan membantu melindungi kayu dari kelembaban dan noda.

Jangan terlalu sering digunakan untuk memotong bahan makanan tajam

Meskipun talenan kayu terbuat dari bahan yang keras, namun penggunaan yang terlalu sering untuk memotong bahan makanan tajam seperti daging atau sayuran dengan pisau yang tajam dapat menyebabkan goresan pada permukaan talenan. Sebaiknya gunakan talenan kayu khusus untuk memotong bahan makanan tajam atau gunakan talenan plastik untuk melindungi permukaan talenan kayu.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, talenan kayu Anda akan tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ingatlah untuk selalu membersihkan talenan setelah digunakan dan menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya. Selamat mencoba dan selamat memasak!

Baca lainnya  Ini Loh 4 Cereal Bar di Indonesia yang Instagramable!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com