Fakta Kopi Kapsul yang Kini Kembali Viral

Kopi kapsul disebut juga kopi pod, merupakan bubuk kopi yang sudah ditimbang dan dikemas menjadi kapsul kecil. Kapsul ini dapat digunakan di mesin khusus untuk membuat kopi kapan pun sahabat Duma mau. Kopi dalam kapsul biasanya merupakan kopi berkualitas tinggi, bukan kopi instan. Kapsulnya terbuat dari bahan yang aman seperti aluminium dan tersedia dalam berbagai jenis. Namun tidak semua kopi kapsul bisa digunakan di semua mesin, sehingga harus berhati-hati dalam memilih mesin. Berikut ini ada fakta kopi kapsul lain yang jarang diketahui!

Fakta Kopi Kapsul

Fakta Kopi Kapsul yang Kini Kembali Viral via freepik/freepik ala tim duniamasak.com
Kopi Kapsul via freepik/freepik

Untuk membuat kopi jenis spesial ini, diperlukan mesin khusus yang disebut mesin kopi kapsul. Cara menggunakan mesin ini cukup mudah. Pertama, kita cukup mengisi tangki dengan air. Kemudian, memasukkan kapsul khusus berisi kopi ke dalam mesin. Mesin akan melakukan sisanya dan membuatkan kopi. Ada berbagai mesin yang dapat dipilih, namun yang makin membuat penasaran adalah fakta kopi kapsul ini yang sangat menarik untuk dibahas!

Sejak tahun 1975

Kopi kapsul akhir-akhir ini sempat populer, namun ternyata sudah ada sejak tahun 1975 yang ditemukan oleh Eric Favre dari Swiss. Dia membuatnya karena dia ingin membuatkan espresso yang enak untuk istrinya, seperti yang bisa kita dapatkan di kedai kopi.

Eric Favre menikmati secangkir kopi yang sangat enak ketika dia pergi ke Italia dan itu memberinya ide. Dia ingin membuat biji kopi kecil yang bisa gunakan di mesin khusus. Jadi, dia dan rekannya pergi ke kedai kopi yang berbeda untuk mencari kopi paling enak untuk dimasukkan ke dalam podnya.

Baca lainnya  Makanan dan Minuman Yang Pas Untuk Liburan ke Pantai

Mesin khusus

Mesin pembuat kopi kapsul ini bentuknya seperti mesin espresso biasa, namun cara kerjanya berbeda. Mesin kopi kapsul memiliki tempat khusus untuk meletakkan wadah kecil berisi kopi. Wadah ini memiliki lubang sehingga air dapat masuk dan membuat kopi. Kopi yang ada di dalam wadah ditutup rapat sehingga tetap segar.

Mesin kopi yang menggunakan kapsul juga menambahkan oksigen pada kopi saat dibuat. Hal ini membuat aroma kopinya sangat enak dan menyegarkan. Orang yang membuat mesin ini, ingin memastikan bahwa orang dapat menikmati kopi yang enak dan segar di rumah, seperti di kafe.

Cara pembuatan

Kopi kapsul ibarat paket khusus untuk biji kopi. Kemasannya terbuat dari logam dan di dalamnya terdapat biji kopi bubuk. Saat hendak membuat kopi, bungkusnya dimasukkan ke dalam mesin khusus. Mesin tersebut memiliki jarum kecil yang melubangi kemasannya, sehingga air panas bisa masuk ke dalam dan membuat kopi.

Selanjutnya mesin kopi membuat air menjadi panas dan kemudian memasukkannya ke dalam lubang. Hal ini membuat kopi yang ada di dalam kapsul berubah menjadi kopi nikmat yang bisa kita minum.

Setelah kopi selesai diseduh, kopi akan tetap berada di mesin kopi. Ketika orang yang menggunakan mesin membuka tutupnya, kopi akan jatuh ke tempat khusus di wadah kapsul kopi bekas. Kemudian, kita bisa memasukkan kapsul kopi baru ke dalam mesin.

Baca lainnya  Sering Disamakan, Ini Perbedaan Daun Bawang dan Daun Kucai

Perbedaan dengan kopi pada umumnya

Kopi kapsul merupakan salah satu jenis kopi, seperti kopi instan atau kopi bubuk. Namun tampilannya berbeda dan rasanya pun berbeda saat dibuat. Kopi instan tidak sama dengan kopi biasa. Kopi ini dibuat dengan cara mengeringkan atau membekukan kopi dan memasukkannya ke dalam kemasan. Sedangkan kopi kapsul mirip dengan kopi biasa namun lebih mudah digunakan.

Kopi kapsul adalah wadah kecil khusus yang bisa dimasukkan ke dalam mesin. Kita tidak perlu melakukan pekerjaan ekstra apa pun dengan alat seperti filter atau tamper. Masukkan saja kapsulnya ke dalam mesin dan itu akan membuatkan kopi lezat untuk kita nikmati!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan