Fruit Carving yang Bisa Dijadikan Peluang Bisnis

Seni ukir buah fruit carving via freepik ala duniamasak

Tak hanya kayu atau es batu yang dapat diukir seperti pembahasan DuMa sebelumnya, namun sekarang kita akan belajar ilmu baru yang sudah sangat populer di kalangan HORECA. Buah yang biasanya hanya dijadikan sebagai makanan penutup setelah bersantap, sekarang bisa dijadikan hiasan yang sangat indah dan bernilai seni tinggi. Oleh karena itu, beberapa orang menjadikan fruit carving ini bukan sekedar hobi namun bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.

Fruit Carving

Fruit Carving via freepik ala duniamasak
Fruit Carving via freepik

Pada dasarnya, fruit carving atau seni ukir buah merupakan seni dalam memahat objek buah dengan alat bantu sederhana seperti pisau dan tusuk gigi. Dengan keahlian tangan pengukir, maka buah akan disulap dengan sangat cantik dan menawan. Sebelum langsung terjun mengukir objek di buah, biasanya pengukir akan membuat gambar polanya. Bisa digambar langsung dipermukaan buah dengan spidol permanen agar lebih memudahkan untuk mengukir selanjutnya. Buah yang umum digunakan dalam seni mengukir buah adalah semangka, melon, dan blewah. Jika ditelaah lebih lanjut, fruit carving ini memang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Maka dari itu, pengukir perlu juga untuk memiliki ketelitian dan motivasi yang cukup tinggi untuk membuat sebuah ukiran buah menjadi sebuah karya yang mengagumkan. Karena jika sekali salah menggurat buah, maka akan merusak pola awal dan seterusnya.

Baca lainnya  Beragam Jenis dan Fungsi Pisau Dapur ala ARCOS

Alat yang digunakan

Dalam membuat suatu ukiran di sebuah objek, pasti akan membutuhkan alat untuk memahatnya dengan baik dan rapi. Untuk fruit craving, pengukir akan menggunakan pisau ukir atau biasa disebut pisau garnish dengan berbagai variasi bentuk dan beragam fungsi. Terdapat pisau dengan ujung yang bengkok untuk membentuk guratan melengkung, pisau yang berujung panjang dan runcing untuk membentuk guratan kecil dan tajam, ada juga pisau yang berbentuk seperti pahat untuk membuat guratan kelopak bunga dan masih banyak lagi. Ukiran buah juga bisa disambungkan dengan ukiran sayuran dengan bantuan alat berupa tusuk gigi. Dari satu ukiran ke ukiran lainnya bisa saling disatukan dengan indah.

Baca lainnya  Rekomendasi Toko Kue di Sekitar Jakarta, Meriahkan Natal Kamu yuk!

Peluang Bisnis

Setelah belajar membuat ukiran buah yang indah, tentu kita bisa menawarkan hasil karya kita kepada orang yang membutuhkan hiasan dalam acara istimewanya. Bisa digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, maupun arisan keluarga. Jangkauan untuk pecinta buah sangatlah luas dan banyak peminatnya.. Tentu hal ini bisa dijadikan kesempatan untuk peluang bisnis terutama untuk penikmat fruit craving.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!