Kenali Jenis Cabai yang Sering Digunakan Untuk Memasak

Cabai adalah bumbu yang cukup sering dipakai untuk menguatkan rasa dalam memasak hidangan khas Indonesia. Masakan Padang, Manado, dan daerah lainnya tidak hanya menjadikan bumbu ini sebagai pendamping namun bisa dibilang sebagai bahan makanan pokok. Beragam macam cabai pun banyak dijual di pasaran dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Mari kenali beberapa jenis cabai yang paling sering digunakan dalam memasak yang bisa menjadi pilihan tepat juga untuk bahan dapurmu.

4 Jenis Cabai yang Paling Sering Dipakai

Cabe Rawit Via jakartavenue.co.id
Jenis cabai via jakartavenue.co.id

Cabai Merah Keriting

Cabai merah keriting mempunyai karakteristik berbentuk panjang, ramping, dan sedikit bergelombang seperti bentuk keriting serta memiliki sedikit kandungan air didalamnya. Tekstur daging buahnya padat dan biji cabainya pun menempel sangat kuat pada dagingnya. Cabai merah ini sering digunakan untuk menumis masakan dengan cara dipotong menyamping atau serong.

Cabai Merah Besar

Sesuai dengan namanya, cabai merah besar memiliki karakteristik daging dan biji yang besar serta bentuknya panjang. Warna merahnya lebih terang menyala namun rasanya tidak terlalu pedas dibandingkan cabai merah keriting. Tipe cabai ini biasanya dipakai dalam membuat manisan atau masakan yang perlu pewarna merah yang menyala seperti balado dan sambal.

Baca lainnya  Tradisi Perayaan Hari Waisak Di Berbagai Negara

Cabai Rawit Merah

Cabai yang dicap paling pedas diantara jenis lainnya adalah cabai rawit merah. Meski ukurannya kecil namun memiliki warna merah yang lebih segar dan rasa yang nikmat. Menurut penelitian, rasa pedas yang dahsyat ini berasal dari capsaicin. Umumnya, jenis cabai ini digunakan dalam hidangan asinan, memasak sayur, dan juga dijadikan bumbu masak yang mempunyai rasa yang dominan pedas.

Cabai Rawit Hijau

Selain warna merah, jenis cabai lain yang sering dipakai dalam masakan adalah cabai rawit hijau. Mempunyai karakteristik dengan bentuk kecil dengan warna hijau yang agak tua, memang rasanya tidak terlalu pedas dibandingkan dengan rawit merah. Oleh karena itu, tipe cabai ini umum digunakan sebagai bahan campuran acar dan juga pelengkap saat menyantap gorengan.

Baca lainnya  Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara, Kalian Pernah Coba yang Mana?
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan