Gimana Sih Cara Masak Bit? Yuk Cari Tahu!

Gimana Sih Cara Masak Bit? Yuk Cari Tahu! via freepik ala tim duniamasak.com

Bit adalah sayuran akar yang dikenal sebagai bit merah, bit sayuran, atau bit. Padahal, buah bit sendiri bukanlah buah, melainkan tumbuhan akar yang disebut Amaranthaceae-Chenopodiaceae, tumbuhan yang masih satu famili dengan lobak, singkong, ubi jalar, dan tumbuhan lainnya saat ini. Karena warnanya yang unik, banyak orang menyebutnya buah. Bit merupakan sumber nutrisi penting yang baik, seperti serat, folat (vitamin B9), mangan, kalium, zat besi, dan vitamin C. Selain itu, bit rendah lemak dan kalori, tidak mengandung lemak jenuh, dan memiliki antioksidan. Nah bagaimana ya cara masak bit ini? Yuk kita cari tahu!

3 Cara Masak Bit, Tidak Perlu Bingung!

Gimana Sih Cara Masak Bit? Yuk Cari Tahu! via freepik ala tim duniamasak.com
Bit via freepik

Bit atau bit biasanya diolah menjadi jus atau sekedar salad. Meski begitu, bit sebenarnya bisa diolah menjadi masakan, seperti puding atau sup. Ada beberapa cara memasak bit agar warnanya tetap cantik dan tidak bau. Berikut ini adalah 3 cara masak bit yang wajib sahabat Duma ketahui!

Baca lainnya  Cari Tahu Oven Roti, Kue, Bolu Terbaik, Alat Panggang Untuk Usahamu!

Kukus

Bit bisa dimasak dengan cara dikukus. Metode ini mirip dengan bit rebus, tetapi waktu memasaknya berbeda. Jika menggunakan kompor, bit dapat dimasak dengan cara dikukus selama 15-25 menit atau hingga empuk. Saat air mendidih sedang direbus, sebaiknya tutup panci dan gunakan api sedang. Jika Anda menggunakan panci instan atau panci presto, atur waktu memasak menjadi sekitar 15-18 menit untuk bit kecil dan sedang kemudian 25 menit untuk bit ukuran besar.

Rebus

Kita juga bisa memasak bit dengan merebusnya. Sebelum merebus bit, bit harus dibersihkan agar bebas dari kotoran. Tapi jangan repot-repot mengupasnya. Setelah dibersihkan, potong bit 2,5 cm, tidak termasuk bagian atas akar. Kemudian, masukkan bit ke dalam panci berisi air dan masak dengan api besar sebentar saja. Kemudian didihkan selama sekitar 20 hingga 30 menit atau tergantung pada ukurannya dengan api sedang agar bit tidak mudah lembek.

Baca lainnya  Jenis-Jenis Nasi Yang Eksis Banget di Indonesia

Panggang

Bit dapat dimasak dengan cara dipanggang, yang akan memberikan tekstur yang renyah serta tidak mengeluarkan bau tanah. Durasi dan suhu memanggang harus tepat agar tidak terasa pahit. Kita dapat memanggang bit utuh dalam bungkus foil selama sekitar 45-60 menit pada 200 Celcius. Sedangkan bit yang sudah dipotong bisa dipanggang pada suhu yang sama.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *