Jangan Buang Akar Bayam, Berikut Khasiatnya!

Sahabat Duma pernah kebayang nggak sih makan akar bayam? Mungkin bagi sebagian besar orang mengonsumsi akar bayam terdengar aneh. Namun, ternyata dibalik akar sayur bayam ini menyimpan banyak khasiat lho. Bayam dapat hidup subur dengan tinggi kurang lebih 30 cm. Sejak dulu tanaman bayam dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sampai sekarang pun banyak pembuatan obat-obatan menggunakan ekstrak dari bayam. Salah satu bagian yang paling memiliki banyak manfaat adalah akar bayam.

Akar Bayam Beserta Manfaatnya

Akar Bayam via www.khasiat.co.id

Akar Bayam via www.khasiat.co.id

Bayam memiliki jenis akar serabut sehingga mudah dalam pengelolahan bahan obat herbal. Pada akar bayam ini, terdapat banyak kandungan senyawa, diantaranya adalah protein, zat besi, zat anti Inflamasi, anti bakteri dan anti Peptida. Dengan kandungan pada akar bayam tadi, berikut manfaat bagi kesehatan yang dapat kita peroleh.

Ampuh Cegah dan Sembuhkan Wasir

Penyakit wasir merupakan penyakit yang cukup berbahaya jika dibiarkan. Wasir dapat terjadi karena kondisi dimana pembuluh darah membengkak disekitar anus karena penekanan saat BAB yang cukup kuat. Gesekan atau tertekan dapat mengakibatkan pembuluh darah menjadi pecah dan terjadilah wasir atau sering disebut sebagai ambeien. Ternyata manfaat akar bayam sangat berguna dalam mengatasi wasir. Kamu cukup mengikut cara berikut, yakni merebus akar sayur bayam sampai mendidih kemudian disaring dan diminum selagi hangat. Tentu sebelumnya dicuci terlebih dahulu.

Baca lainnya  Cara Memulai Bisnis Katering dengan Modal Minim

Ampuh Menurunkan Tekanan Darah

Bagi kamu yang mengalami masalah tekanan darah tinggi atau peredaran darah yang tak lancar, kamu dapat menggunakan metode pengobatan dengan akar sayur bayam. Telah lama dan terbukti ampuh atasi masalah sistem darah. Hal ini karena adanya kandungan angiotensin serta peptida yang ampuh menurunkan tekanan darah serta memperlancar peredaran darah.

Sebagai Obat Anemia

Anemia adalah salah satu permasalahan tubuh yang harus dihindari karena dapat menganggu kesehatan maupun aktivitasmu sehari-hari. Daun bayam terkenal dapat mengatasi anemia namun kamu juga dapat menggunakan akarnya karena mengandung banyak zat besi lebih banyak dari daunnya. Zat besi adalah kandungan yang dapat membentuk sel-sel darah merah dan menghindarkan diri dari kekurangan darah atau anemia. Namun sebenarnya lebih efektif jika kamu memulai dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dan menggunakan obat akar sayur bayam.

Sebagai Obat Keputihan

Khusus wanita, keputihan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu keputihan normal dan tidak normal. Sangat penting untuk mengetahui hal ini dan jangan dianggap remeh karena bisa jadi ini adalah gejala penyakit yang lebih serius. Normalnya, keputihan terjadi pada masa-masa reproduksi wanita dengan cairan normal tidak terlalu sedikit dan tidak banyak serta tak berbau apalagi berwarna. Kandungan akar sayuran bayam ini, terbukti ampuh mengatasi keputihan baik normal ataupun abnormal namun dengan bantuan faktor lainnya.

Baca lainnya  Menu Favorit untuk Pesta Ulang Tahun yang Tidak Boleh Dilewatkan

Menarik bukan? Jangan lupa share artikel-nya, happy cooking!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan