Cari Tahu Perbedaan Matcha dan Teh Hijau!

Teh hijau dan matcha adalah dua minuman yang sering dikaitkan dengan budaya Jepang. Kedua minuman ini dikenal karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan dan juga sebagai bagian dari upacara minum teh di Jepang. Meskipun terlihat serupa dan berasal dari tanaman yang sama, teh hijau dan matcha sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut ini adalah perbedaan matcha dan teh hijau:

Perbedaan Matcha dan Teh Hijau

Cari Tahu Perbedaan Matcha dan Teh Hijau! Matcha via freepik/freepik
Matcha via freepik/freepik

Teh hijau merupakan minuman yang dihasilkan dari proses pengeringan daun teh tanpa penghancuran. Daun teh yang digunakan biasanya adalah varietas Camellia sinensis. Proses ini membuat teh hijau memiliki warna hijau yang gelap dan rasa yang pahit. Teh hijau mengandung katekin dan polifenol yang baik untuk kesehatan serta kafein yang memberikan efek stimulan. Teh hijau juga memiliki berbagai varian seperti sencha, gyokuro, dan bancha yang masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Cari Tahu Perbedaan Matcha dan Teh Hijau! Teh hijau via freepik/jcomp
Teh hijau via freepik/jcomp

Sementara itu, matcha adalah bubuk teh hijau yang berasal dari daun teh yang diolah secara khusus. Proses ini melibatkan penutupan daun teh dari sinar matahari sebelum dipanen, kemudian daun teh dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk halus. Matcha memiliki warna hijau yang lebih terang dan rasa yang lebih halus dibandingkan teh hijau. Selain itu, matcha juga dikonsumsi secara utuh, sehingga kandungan nutrisinya lebih tinggi daripada teh hijau yang diseduh. Kandungan katekin dan polifenol dalam matcha juga lebih tinggi daripada teh hijau biasa.

Baca lainnya  Tata Cara Mengalasi Loyang Memakai Kertas Roti Dengan Benar

Sedangkan dari segi penggunaan, teh hijau dan matcha memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Teh hijau biasanya diseduh dengan air panas dan diminum seperti minuman teh pada umumnya. Sedangkan matcha diolah dengan cara dituangkan air panas ke dalam mangkuk dan dikocok menggunakan โ€œchasenโ€ atau alat khusus yang terbuat dari bambu hingga berbusa dan menghasilkan minuman yang kental. Matcha juga sering digunakan sebagai bahan dalam membuat kue dan makanan lainnya, seperti es krim dan cokelat.

Dari sisi kesehatan, kedua minuman ini mengandung antioksidan yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Namun, karena matcha dikonsumsi secara utuh, kandungan nutrisinya lebih tinggi daripada teh hijau yang diseduh. Selain itu, matcha juga diklaim memiliki manfaat yang lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan konsentrasi. Hal ini dikarenakan konsumsi matcha juga melibatkan proses meditasi dan konsentrasi yang diperlukan untuk mengocok bubuk teh hingga menghasilkan minuman yang sempurna.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa teh hijau dan matcha adalah dua minuman yang berbeda meskipun berasal dari tanaman yang sama. Teh hijau lebih sering dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari, sedangkan matcha lebih sering dikonsumsi dalam upacara minum teh atau diolah sebagai bahan makanan. Selain itu, kandungan nutrisi yang lebih tinggi dan cara konsumsi yang berbeda membuat matcha menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang mencari manfaat kesehatan yang lebih tinggi. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba kedua minuman ini dan menikmati khasiatnya untuk tubuh kita.

Baca lainnya  9 Makanan Pantangan untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berminyak
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan