Kopi Unik di Dunia, Pernah Coba?

Tampaknya banyak orang yang kesulitan menghentikan kebiasaan minum kopi. Apalagi ada banyak campuran kopi berbeda di dunia yang mungkin ingin dicoba. Tak hanya kopi susu dan kopi hitam, tetapi ada banyak campuran kopi unik di luar sana yang harus sahabat Duma jelajahi. Kopi adalah pilihan minuman umum yang sering dilihat sebagai pilihan penambah energi bagi orang-orang di pagi hari. Kandungan kafeinnya banyak dipercaya dapat membantu menghilangkan rasa kantuk dan membuat tubuh lebih bersemangat di pagi hari. Berikut ini adalah kopi unik di dunia, salah satunya pernah sahabat Duma coba?

Nikmati Ragam Kopi Unik di Dunia

Kopi dapat disajikan dengan kopi hitam saja atau dengan perpaduan susu dan krim, akan tetapi juga dapat disajikan dengan tambahan rasa seperti gula, sirup, dan krim kocok. Ada beragam racikan kopi yang cukup kompleks dengan berbagai bahan-bahan tambahan, namun hasilnya unik dan menyegarkan. Kopi ini disesuaikan dengan wilayah tempat kopi itu disajikan. Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat campuran kopi ini mencerminkan preferensi lokal di setiap daerah. Hal ini membuat racikan kopi menjadi unik di setiap daerah. Yuk kita lihat racikan kopi unik di dunia:

Egg Coffee Vietnam

Egg Coffee Vietnam via opendrinks ala tim duniamasak.com Kopi Unik di Dunia
Egg Coffee Vietnam via opendrinks

Jika sahabat Duma seorang pecinta kopi, pastiakan menyukai kopi ala Vietnam yang unik ini. Baru-baru ini, kopi Vietnam menjadi sangat populer di kalangan peminum kopi Indonesia. Kita mungkin akrab dengan salah satu alat pembuat kopi terkenal yaitu Vietnam Drip. Namun ada juga kopi unik lainnya di Vietnam, yaitu eEgg Coffee Vietnam yang merupakan pilihan kopi unik yang harus dicoba.

Kopi ini ini memiliki rasa yang sangat berbeda dari pilihan kopi Vietnam lainnya. Egg Coffee Vietnam adalah kopi yang dibuat dengan telur-susu. Ini adalah gaya Vietnam, dan itu lezat! Nama Vietnam untuk kopi ini adalah Cha Pe Trung. Untuk membuat Kopi Vietnam ini, kitamembutuhkan bubuk kopi robusta Vietnam, susu kental manis, gula pasir, dan telur. Busa pada latte mirip dengan cappuccino, hanya warnanya agak kuning karena dicampur dengan kuning telur. Resep dasarnya biasanya terdiri dari campuran dua kuning telur, setengah sendok makan susu kental manis, sedikit madu, dan ekstrak vanila. Kopi dicampur dengan sedikit air dan diaduk hingga berbusa. Bayangkan rasanya bukan?

Baca lainnya  Yuk, Kenalan dengan Kompor Induksi dan Kompor Elektrik

Kaffeost Finlandia

Kaffeost via nusadily.com ala tim duniamasak.com Kopi Unik di Dunia
Kaffeost via nusadily.com

Nah, jika sahabat Duma ingin mencoba rasa kopi unik yang tidak asing dengan lidah lokal, cobalah Kaffeost. Minuman kopi ini adalah hidangan Finlandia yang populer. Dibuat dengan menyeduh kopi dan kemudian mencampurnya dengan keju. Perpaduan sepotong maupun dua potong keju dengan kopi panas yang ada di dalam cangkir. Karena itulah kopi unik ini disebut kaffeost, yang artinya “kopi keju”. Kombinasi keduanya memberikan rasa unik. Jika kita ingin menikmatinya, cara terbaik adalah mencicipi kejunya terlebih dahulu. Setelah itu menyeruput kopinya, minumlah perlahan-lahan untuk menikmati sensasi rasa kopi unik ini.

Espresso Italia

Espresso on The Rock via dok. Dunia Masak
Espresso on The Rock via dok. Dunia Masak

Berbicara tentang kopi, mau tak mau kita menyebut espresso. Espresso adalah cara unik untuk menyiapkan kopi Italia. Ada dua cara utama untuk membuat kopi: manual brewing (menggunakan kopi tubtuk, coffee press, atau vacuum pot) dan espresso. Espresso dibuat dengan cara memaksa biji kopi yang digiling halus melalui lubang kecil dengan tekanan tinggi. Untuk satu shot espresso, umumnya dibuat dari sekitar 7 gram kopi bubuk, dan proses ekstraksinya tidak lebih dari 25 detik.

Kopi ini memiliki rasa yang sangat kuat dengan crema yang ada dipermukaan mengapung. Sebaiknya kopi segera diminum, selama crema masih terlihat sehingga rasa kopi bisa dinikmati sepenuhnya. Tidak ada jawaban yang cocok untuk semua pertanyaan tentang espresso mana yang terbaik, karena espresso yang sempurna bergantung pada preferensi pribadi dan kebiasaan minum. Namun, banyak ahli percaya bahwa espresso yang baik tidak terlalu pahit atau menyebabkan detak jantung berdebar cepat.

Frappe Coffee Yunani

Frappe Coffee via dontmesswithmama ala tim duniamasak.com
Frappe Coffee via dontmesswithmama

Jika sahabat Duma menyukai minuman kopi yang dingin, pesanlah Frappe Coffee sesekali. Minuman menyegarkan ini adalah hidangan khas Yunani, meskipun awalnya ditemukan secara tidak sengaja. Pada tahun 1957, salah satu karyawan Nestle, Dimitrios Vakondios, menemukan kesulitan dalam mencari air panas untuk demonstrasi kopi instan yang dibuat dengan shaker mixer. Ia kemudian berimprovisasi dengan menggunakan air dingin. Popularitas produk ini tetap konsisten dari waktu ke waktu. Kopi Frappe terbuat dari kopi instan yang menyegarkan, gula, air dan es.

Baca lainnya  Tips Memilih Cooker Hood Berkualitas Yang Wajib Kamu Ketahui

Lagrima Argentina

lagrima via kopi petani ala tim duniamasak.com
Lagrima via kopi petani

Jika sahabat Duma tidak menyukai kopi yang gelap seperti espresso, maka Lagrima adalah pilihan terbaik. Kopi Lagrima adalah minuman umum di Argentina. Kata Lagrima berarti air mata yang menggambarkan cara membuat kopi Lagrima. Lagrima adalah minuman kopi umum yang biasanya disajikan dalam cangkir espresso. Satu cangkir susu kemudian diberi tetesan espresso, yang mengubahnya menjadi Lagrima. Jadi ternyata satu cangkir Lagrima memiliki proporsi susu yang lebih tinggi daripada kopi. Jika sahabat Duma tidak menyukai kopi 100%, Lagrima mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Bonbon Coffee Spanyol

Bonbon Coffee via lorespresso ala tim duniamasak.com
Bonbon Coffee via lorespresso

Bonbon Caffee adalah minuman kopi unik yang ditemukan di Spanyol. Ini dibuat dengan menggabungkan espresso dan cokelat panas bersama-sama. Asal-usul minuman dapat ditemukan di wilayah Valencia Spanyol, di mana menyebar ke seluruh negeri dan akhirnya ke seluruh dunia. Orang Thailand akan menyebut minuman ini sebagai “Coffee Ron.” Ini adalah minuman populer juga di Thailand dan dinikmati oleh banyak orang. Selama di Indonesia, kita bisa menikmati secangkir Kopi Bonbon panas yang terbuat dari susu dan disebut dengan kopi susu panas. Kopi dan susu menjadi komposisi minuman ini. Dalam secangkir Kopi Bonbon, espresso dan susu kental manis dicampur jadi satu dengan perbandingan 1:1. Ada beberapa cara berbeda untuk membuat kopi, tetapi rasio kopi dan susu tetap sama.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan