Tahukah Kamu Perbedaan Selai, Jelly, dan Marmalade?

Perbedaan selai jelly dan marmalade via freepik ala duniamasak

Menyiapkan sarapan dengan hidangan roti memang terbilang sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menyiapkan peralatan berupa toaster serta pisau roti dan bahan pelengkap seperti margarin dan selai untuk penambah baluran rasa roti sehingga lebih nikmat. Selain selai, ternyata terdapat bahan pelengkap lainnya yang sering digunakan untuk menemani sarapan dengan roti yaitu jelly dan marmalade. Tahukah kamu apa saja perbedaan dari selai, jelly, dan marmalade? Simak penjelasan lengkapnya di Blog Duniamasak.com yuk!

Perbedaan Selai, Jelly, dan Marmalade

Perbedaan selai jelly marmalade stroberi jam via freepik ala duniamasak
Perbedaan Selai, Jelly, dan Marmalade via freepik

Selai

Selai adalah jenis makanan yang berasal dari sari buah ataupun buah utuh yang diolah hingga teksturnya seperti bubur lalu ditambahkan gula. Umumnya, selai digunakan untuk dibalurkan ke roti panggang dan bisa juga dipakai untuk lapisan kue tart. Rasa buah yang paling populer untuk dijadikan selai adalah stroberi, blueberry, srikaya, anggur, dan masih banyak lagi. Masa penggunaan selai bisa bertahan hingga satu tahun bila disimpan dalam toples bersih.

Baca lainnya  Sedotan Reusable Inilah yang Cocok Untukmu!

Jelly

Jelly adalah jenis makanan yang terbuat dari sari buah dan gula. Cara pengolahannya dimasak dan disaring perlahan selama semalaman dengan menggunakan kain sehingga akan menghasilkan jeli yang murni. Sama seperti selai, jelly juga dapat digunakan untuk dibalurkan ke roti panggang namun tidak bisa dijadikan sebagai lapisan kue karena teksturnya yang lebih cair sehingga akan meleleh. Rasa buah yang paling sering dijadikan jeli adalah redcurrant.

Marmalade

Marmalade adalah jenis makanan yang hampir mirip dengan selai namun hanya dibuat dengan bahan dasar jeruk bitter Seville dari Portugal. Nama Marmalade pun berasal dari Portugis Marmelos yang merupakan nama pasta quince yang memiliki tekstur warna oranye. Biasanya, marmalade sering dibalurkan pada roti bakar dan juga bisa dipakai untuk pembuatan kue serta pudding.

Baca lainnya  Resep Ramen Pedas, Rasakan Sensasi Pedasnya!

Demikian penjelasan tentang perbedaan selai, jam, dan marmalade. Saat sarapan, kamu lebih sering menyantap roti dengan baluran yang mana dan lebih suka rasa buah apa? Coba tuliskan di kolom komentar ya 😀

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!