Manfaat Andaliman, Bumbu Masak Khas Batak

Andaliman, juga dikenal sebagai lada Batak, adalah bumbu khas yang digunakan orang Batak dalam makanan mereka. Rempah ini tidak hanya digunakan di Indonesia, tetapi juga di banyak negara lain seperti India, Cina, dan Thailand. Andaliman terkadang juga disebut lada Sichuan. Seperti rempah-rempah lainnya, andaliman sangat baik untuk kesehatan. Mari simak manfaat andaliman!

Kenali Manfaat Andaliman, Rempah Khas Batak

Manfaat Andaliman, Bumbu Masak Khas Batak
Andaliman via www.tribunnews.com

Andaliman atau Zanthoxylum acanthopodium merupakan rempah yang kaya akan vitamin dan mineral antara lain vitamin A, zat besi, mangan, potasium, seng, dan fosfor. Selain itu juga mengandung antioksidan seperti fitosterol, terpen, dan karoten yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan. Berikut manfaat andaliman, diantaranya:

Menambah darah

Andaliman memiliki banyak zat besi, yaitu mineral khusus yang membantu pembuatan protein yang disebut hemoglobin dalam sel darah merah kita. Protein ini membantu membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh kita. Ketika kita memiliki cukup zat besi dari Andaliman, itu dapat membuat aliran darah kita menjadi lebih baik dan membuat kita merasa lebih sehat.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Hal keren lainnya dari andaliman adalah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dikemas dengan banyak zinc. Jika tidak mendapatkan cukup zinc dari makanan, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih lemah. Ini karena zinc adalah mineral penting yang membantu mengaktifkan sel T, yang bertanggung jawab melawan penyakit. Jadi, jika kekurangan zinc, kita akan lebih rentan terhadap infeksi dan tubuh akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Baca lainnya  4 Jenis Kue Bolu yang Terkenal di Indonesia

Memperkuat tulang

Andaliman memiliki beberapa kandungan khusus yang disebut mineral di dalamnya. Mineral-mineral ini, seperti fosfor, mangan, tembaga, dan besi, membantu membuat tulang kita kuat dan mencegahnya menjadi lemah saat kita bertambah tua.

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang menurun. Untuk memastikan tulang tetap kuat, penting untuk mengonsumsi makanan yang memiliki mineral penting. Andaliman adalah salah satu makanan yang bisa memberikan mineral tersebut.

Meredakan peradangan

Andaliman memiliki kandungan khusus yang disebut antioksidan dan asam organik yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh kita. Peradangan terjadi saat tubuh kita stres, dan ramuan ini bisa melawan hal-hal yang menyebabkan stres.

Kandungan dalam andaliman dapat menghentikan hal-hal buruk dalam tubuh kita yang menyebabkan pembengkakan. Itu sebabnya orang menggunakannya untuk membantu nyeri sendi dan nyeri kaki.

Baca lainnya  Resep Cenil Enak, Yuk Kita Buat di Rumah!

Mencegah penyakit kronis

Terkadang, tubuh kita memiliki terlalu banyak radikal bebas yang bisa membuat kita sakit. Radikal bebas dapat membuat sel sehat kita berubah menjadi sel jahat. Tapi, andaliman memiliki kandungan yang disebut antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh kita dan membuat kita terhindar dari penyakit akibat terlalu banyak radikal bebas.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan