Jangan Dibuang: Berikut Manfaat Kulit Jeruk yang Belum Kamu Ketahui

Sahabat duma, Mulai saat ini kamu sebaiknya jangan langsung membuang kulit jeruk deh! Sedikit sekali orang yang mengetahui kegunaan ataupun manfaat kulit jeruk ini. Berbagai manfaat kulit jeruk dapat kamu rasakan dengan mudah hanya dengan melakukan hal-hal di bawah ini lho! Simak ya!

Manfaat Kulit Jeruk

Manfaat kulit jeruk via kumparan.com

Manfaat kulit jeruk via kumparan.com

1. Mengatasi Tanda Penuaan

Kulit jeruk ternyata kaya anti-oksidan yang bisa melawan radikal bebas serta mengatasi keriput. Kulit jeruk berguna juga sebagai toner wajah yang sangat bagus. Gampang banget nih dibuat: campurkan satu sendok makan bubuk kulit jeruk, madu serta oatmeal secukupnya. Aduk sampai rata, selanjutnya usapkan secara merata di wajahmu. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

2. Memutihkan Gigi

Manfaat kulit jeruk selanjutnya adalah untuk memutihkan gigi. Caranya mudah banget: Kulit jeruk memiliki kandungan senyawa yang disebut d-limonene, yang bisa membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang dikarenakan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigimu selama 2-3 menit, kemudian bilas. Lakukan hal semacam ini dengan teratur dua kali sehari, maka gigimu akan kembali memutih.

3. Menurunkan Kolesterol

Kulit jeruk bisa mengurangi kolesterol tinggi di dalam tubuhmu. Kebanyakan orang mengetahui kalau kolesterol tinggi bisa meningkatkan kemungkinan resiko penyakit jantung. Kandungan pektin dalam kulit jeruk akan membantu mengurangi kolesterol, serta menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya adalah lakukan hanya dengan minum teh kulit jeruk dua kali setiap hari.

Baca lainnya  Kelezatan Kuliner Khas Batam, Semua Suka!

4. Pewangi Ruangan

Kulit jeruk selain bisa membersihkan ruangan juga bisa digunakan untuk mengharumkan. Pewangi ruangan ataupun mobil banyak memanfaatkan kulit jeruk sebagai bahan utamanya nih. Bagi kamu yang ingin membuatnya juga sangat mudah lho. Pertama-tama masukan kulit jeruk ke dalam panci yang diisi air, masaklah dengan suhu rendah lalu biarkan sampai air mendidih. Nah dari uap air jeruk yang mendidih ini akan mengandung minyak alami yang berperan untuk mengharumkan ruangan. Sekedar anjuran, kita dapat memberikan satu batang kayu manis atau daun kemangi agar wanginya lebih semerbak dan tahan lama.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan