Rekomendasi Menu MPASI dari Ikan Air Tawar

Banyak jenis ikan yang dapat digunakan untuk membuat menu MPASI. Salah satunya adalah dengan ikan air tawar. Ikan ini merupakan bahan makanan yang memiliki banyak nutrisi dan berguna untuk tubuh. Kandungan yang dimilikinya antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Berikut ini DuMa ingin memberikan rekomendasi beberapa jenis ikan air tawar yang bisa dijadikan menu MPASI bagi si bayi.

4 Ikan Air Tawar untuk Menu MPASI

Ikan air tawar untuk menu MPASI via freepik ala duniamasak
Ikan air tawar via freepik

Ikan Gurame

Ikan Gurame mempunyai tekstur yang kenyal dan tidak terlalu banyak memiliki duri sehingga mudah diproses sebagai bahan menu MPASI. Walaupun harganya yang cenderung mahal, namun ikan ini memiliki banyak peminat dari segala kalangan.

Ikan Lele

Ikan yang satu ini pasti sudah banyak dijumpai dimana-mana oleh masyarakat Indonesia. Harganya pun sangat terjangkau. Ikan lele memiliki kandungan vitamin A, asam lemak tidak jenuh, omega-3, dan omega-6. Perlu diketahui bahwa sebaiknya lele dimasak secara benar dan sehat yang tidak menggunakan banyak minyak dan garam.

Baca lainnya  Ingin Berkebun Buah di Lahan yang Sempit? Berikut Tipsnya!

Ikan Mujair

Jenis ikan air tawar yang satu ini pun juga populer karena kandungan gizi dan nutrisi. Ikan mujair mempunyai kandungan fosfor, protein, lemak omega 3, sodium, kalium, dan selenium. Ikan ini juga sangat mudah diolah bersama berbagai masakan Indonesia.

Ikan Nila

Selain tiga ikan diatas, terdapat satu ikan lagi yang bisa dijadikan menu MPASI si bayi. Ikan nila mengandung asam lemak omega-3, protein, mineral, dan fosfor. Kandungan-kandungan tersebut akan membantu kecerdasan dan tumbuh kembang si bayi.

Demikian rekomendasi 4 ikan air tawar yang bisa dijadikan menu MPASI. Dengan kreativitas tanpa batas, ibu bisa membuat menu yang menarik bagi si bayi. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bayi bisa diberikan menu MPASI dengan ikan air tawar karena ada beberapa yang mempunyai alergi terhadapnya. Akan lebih baik, jika dikonsultasikan dahulu dengan dokter anak untuk perihal menu MPASI yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan si bayi. Jika si bayi tidak ada alergi, maka aman untuk memberikan menu MPASi yang disukai.

Baca lainnya  Cari Tahu 6 Manfaat Daun Ginseng, Menyehatkan Lho!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan