Cek Pilihan Rempah Untuk Tanam di Rumah!

rempah untuk tanam di rumah via freepik ala tim duniamasak.com

Rempah-rempah hampir mendominasi masakan-masakan khas Indonesia. Kehadiran rempah-rempah juga menambah citarasa pada masakan yang disajikan. Tidak heran bila kita sangat membutuhkan rempah-rempah terutama untuk melengkapi bahan-bahan masakan. Terkadang hal-hal yang sering terjadi adalah kita lupa untuk menyiapkan rempah-rempah untuk bahan masakan yang ingin kita olah. Untuk menghindari hal itu sebaiknya kita memilih rempah untuk tanam di rumah, agar dapat kita manfaatkan sewaktu diperlukan.

Berbagai Macam Rempah Untuk Tanam di Rumah

Jahe sebagai makanan pemulihan perut kembung via merdeka.com Rempah Untuk Tanam
Jahe via merdeka.com

Pernahkah sahabat Duma memikirkan rempah untuk tanam di rumah? Jika belum, maka saatnya untuk menanam rempah di rumah. Pasalnya sewaktu-waktu kita butuh rempah-rempah tersebut untuk kebutuhan memasak atau dijadikan sebagai obat herbal. Berikut ini adalah pilihan rempah untuk tanam di rumah, yuk mulai menanam!

Ketumbar

Ketumbar memiliki nama ilmiah Coriandrum sativum dan dapat kita manfaatkan baik daun dan bijinya. Biasanya biji ketumbar dapat kita manfaatkan sebagai pelengkap bahan masakan seperti ayam bakar dan juga dendeng. Sedangkan untuk daun ketumbar, kita dapat menggunakannya untuk sop ayam maupun sebagai pelengkap makanan soto. Kita dapat menanam ketumbar dengan memasukkan biji ketumbar kedalam tanah sekitar 0,6 cm atau 1/4 inci.

Baca lainnya  Mengatasi Maag Bukanlah Hal Sulit, Berikut Bahan Alami yang Harus Kamu Konsumsi

Dalam perawatannya, ketumbar tidak membutuhkan sinar matahari yang penuh, sahabat Duma dapat meletakknya pada daerah yang teduh misalnya saja didekat jendela. Untuk memanen daun ketumbar sahabat Duma dapat menunggunya dalam waktu 60sampai 75 hari dan saat tanaman ketumbar memiliki tinggi sekitar 15-20cm atau setara dengan 6-8 inci. Untuk sahabat Duma yang ingin mengambil biji ketumbar maka diperlukan waktu sekitar 100 hari hingga biji ketumbar siap dipanen.

Jahe

Jahe ini adalah rimpang yang didapat dari tanaman Zingiber officinale. Jahe ini sangat sering digunakan oleh masyarakat kita, apalagi disaat pandemi Covid 19, jahe menjadi rempah-rempah yang paling banyak dicari karena manfaatnya yang bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk menanam jahe, sahabat Duma perlu menyiapkan pot yang telah diisi dengan tanah yang subur. Kemudian masukkan jahe kedalam pot dengan kedalaman 2,5cm atau setara dengan 1 inci. Untuk dapat memanen jahe, sahabat Duma dapat menunggunya hingga 8 sampai 10 bulan, saat daun jahe sudah terlihat kering.

Baca lainnya  Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil

Lengkuas

Alpina galanga atau lengkuas ini memiliki peran yang cukup penting dalam masakan-masakan Indonesia dan juga Thailand. Masakan Indonesia yang menggunakan lengkuas misalnya saja rendang. Bila sahabat Duma ingin menanam lengkuas, maka dapat menanam lengkuas yang dimasukkan kedalam pot dengan kedalaman sekitar 5-10 cm. Untuk memanen lengkuas, kita dapat menunggu dalam waktu sekitar 10-12 bulan saat tanaman lengkuas mulai berbunga.

Kunyit

Kunyit atau yang memiliki nama lain curcuma longa memiliki warna yang berbeda yaitu berwarna kuning keemasan. Biasanya tanaman kunyit ditanam dan diambil rimpangnya. Kunyit juga menjadi andalan masakan Indonesia salah satunya untuk membuat gulai. Cara menanam kunyit sahabat Duma cukup memasukkan kunyit dengan kedalaman sekitar 1 inci atau setara dengan 2,5 cm kedalam pot yang telah berisi tanah yang subur. Kunyit membutuhkan tanah yang lembat serta sinar matahari yang banyak.

Sahabat Duma sedang mencari kebutuhan memasak? Mencari peralatan dapur dan kebutuhan lainnya? Yuk kunjungi website Duniamasak.com! Dapatkan Diskonnya sekarang juga!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!