Sering Disamakan, Ini Perbedaan Daun Bawang dan Daun Kucai

Perbedaan daun bawang untuk masakan bahan dapur via freepik ala duniamasak

Saat berpergian ke pasar untuk membeli bahan baku keperluan dapur; pasti akan banyak tersedia bumbu-bumbu rempah, sayur, atau buah yang hampir sama bentuk dan aromanya. Terkadang, di pasar tradisional tidak ada nama sayur atau bumbu yang tertulis sehingga mengharuskan untuk bertanya langsung ke penjual. Jika tidak ingin repot, tentunya perlu adanya informasi serta pengetahuan lebih tentang nama-nama bumbu atau sayur tersebut agar tidak salah beli. Salah satu sayuran yang sering disamakan dan sulit menemukan perbedaan adalah daun bawang dan daun kucai. Berikut tim Duniamasak.com akan membantu dalam menjelaskan perbedaannya di bawah ini.

Perbedaan Daun Bawang dan Daun Kucai

Perbedaan daun bawang dan daun kucai via freepik ala duniamasak
Perbedaan daun bawang dan daun kucai via freepik

Daun Bawang

Daun yang satu ini pasti sudah sering di beli di pasar untuk digunakan dalam memasak berbagai macam masakan. Ya, daun bawang yang mempunyai bentuk panjang berwarna hijau ini sering disamakan dengan daun kucai. Sebenarnya, jika diperhatikan lebih lanjut mengenai karakteristiknya pasti bisa membedakan dari segi batang dan daunnya yang memiliki diameter lebih besar. Tanaman yang termasuk klasifikasi bawang ini juga mempunyai akar serabut yang cukup banyak. Perbedaan lainnya adalah dari aroma yang mirip bawang bombay namun tidak terlalu kuat.

Baca lainnya  5 Manfaat Jambu Biji Selain Menyembuhkan Penyakit Demam Berdarah

Daun Kucai

Daun ini memang tidak terlalu sering dibeli namun jika hendak memasak chinese food, maka sayur ini perlu dimasukkan kedalam keranjang. Namun ada beberapa makanan Indonesia yang juga menggunakan daun kucai seperti dalam hidangan taoge goreng. Tanaman ini juga sering disamakan dengan tanaman bawang. Jika diperhatikan dengan seksama, daun kucai memiliki pangkal dan daun pipih yang lebih memanjang. Untuk aroma, juga bisa dibedakan karena lebih mirip dengan aroma bawang putih yang kuat. Berbeda pula dalam proses panennya, tidak seperti tanaman bawang yang langsung dicabut sampai akar serabut namun tanaman kucai ini dipanen dengan memotong batang dekat pangkal akarnya.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan daun bawang dan daun kucai. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya 🙂

Baca lainnya  Khasiat Jagung Putren Bagi Kesehatan Tubuh
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!