Air Putih Kemasan, Kok Ada Kedaluwarsanya?

Air putih kemasan via freepik ala tim duniamasak.com

Air putih yang sering kita konsumsi sebetulnya tidak memiliki kedaluawarsa. Kandungan air putih murni dan tidak tercampur dengan kandungan yang dapat mempengaruihi kualitas air putih. Lantas mengapa air putih pada kemasan memiliki tanggal kedaluwarsa? Apakah maksud dari tanggal kedaluwarsa tersebut? Yuk simak penjelasannya disini!

Tanggal Kedaluwarsa Pada Air Putih Kemasan

Air putih kemasan via freepik ala tim duniamasak.com
Air putih via freepik

Air putih kemasan yang beredar memang memiliki tanggal kedaluwarsa. Namun tanggal kedaluwarsa tersebut bukan berarti air dalam kemasan tersebut mengandung tambahan komposisi lainnya. Melainkan terdapat alasan dan penjelasan mengapa air kemasan memiliki tanggal kedaluarsa.

Berguna untuk pendataan

Selain kode produksi yang biasanya sudah tertera dikemasan, namun tanggal kedaluwarsa juga dapat berguna untuk pendataan. Dengan demikan, akan lebih mudah untuk mengontrol dan mengecek produk yang beredar di pasar tanpa perlu mengecek kode produksinya.

Baca lainnya  Tetap Diet Saat New Normal, Ini Tipsnya!

Peraturan tanggal kedaluwarsa pada bahan konsumsi

Sesuai dengan peraturan pemerintah dalam hal menangani bahan konsumsi yang beredar di pasar. Maka air putih kemasan juga termasuk bahan konsumsi yang harus memiliki tanggal kedaluwarsa.

Mengatur produk

Tanggal kedaluwarsa pada air kemasan dapat bermanfaat unntuk mengontrol produk yang akan dijual ataupun telah terjual. Sehingga mereka dapat mengeluarkan produk-produk yang jual sesuai dengan tanggal awal penerimaan produk.

Berpengaruh pada kesegaran air putih dalam kemasan

Seperti yang kita ketahui setelah dua tahun biasanya botol kemasan pada air mineral sangat rentan dan biasanya mudah terkontaminasi dengan bau-bau disekitar. Tentunya hal tersebut dapat memperngaruhi kualitas air terutama pada kesegarannya.

Baca lainnya  Tips Memilih Kitchen Set Untuk Rumah Minimalis Modernmu: Nggak Repot Lagi!

Wadah kemasan air memiliki masa berlaku

Memang air mineral tidak berubah warna pada kemasan, hanya saja kemasan plastik yang mewadahi air hanya dapat bertahan sekitar dua tahun. Sehingga kita perlu memperhatikan juga tanggal kedaluwarsa yang tertera pada botol.

Tanggal kedaluwarsa untuk botol atau kemasannya

Beberapa juga menyertakan tanggal kedaluwarsa yang diperuntukkan untuk botol atau kemasan yang digunakan sebagai wadah. Biasanya botol plastik yang digunakan berasal dari Polyethylene terephthalate (PETE/PET). Walaupun kuat dan dapat bertahan lama, tentunya lama kelamaan kualitas dari kemasan juga mengalami penurunan yang dapat mempengaruhi air mineral yang ada didalamnya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!