Manfaat Minum Air Rebusan Cengkeh

Cengkeh, juga dikenal sebagai Syzygium Aromaticum dalam dunia ilmiah, merupakan rempah-rempah yang banyak diminati. Ini mungkin karena cengkeh memiliki aroma yang khas, yang membuatnya menjadi pilihan populer di dapur. Kita bahkan dapat membuat minuman sehat hanya dengan merebus cengkeh dalam air atau menyeduhnya dengan teh. Kira-kira manfaat air rebusan cengkeh apa saja yah? Yuk simak!

Cari Tahu Manfaat Minum Air Rebusan Cengkeh

Manfaat Minum Air Rebusan Cengkeh via rumah.com ala tim duniamasak.com
Cengkeh via rumah.com

Cengkeh memiliki segudang nutrisi penting yang baik untuk kesehatan. Seperti mangan, vitamin K, vitamin C, dan kalsium. Dan coba tebak? Cengkeh juga bisa melawan bakteri. Jadi, meminum air rebusan cengkeh dianggap sangat baik untuk tubuh. Selain itu masih banyak lagi manfaat minum air rebusan cengkeh seperti dibawah ini:

Mencegah kanker

Menurut Healthline, penelitian telah menemukan bahwa cengkeh mengandung senyawa yang disebut eugenol, yang dapat membantu melindungi dari kanker. Satu studi yang diterbitkan di Perpustakaan Kedokteran Nasional AS pada tahun 2014 menunjukkan bahwa ekstrak cengkeh berpotensi menghambat pertumbuhan tumor dan meningkatkan kematian sel pada kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dosis dan efektivitas yang tepat pada manusia.

Melindungi tubuh dari bakteri

Cengkeh telah ditemukan memiliki sifat antimikroba dan dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak atsiri cengkeh dapat secara efektif membunuh bakteri E. coli, yang merupakan penyebab umum keracunan makanan. Selain itu, sebuah penelitian dari tahun 2014 mengungkapkan bahwa cengkeh dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang bertanggung jawab atas plak gigi dan penyakit gusi, menunjukkan bahwa minum air yang mengandung cengkeh dapat membantu menjaga kesehatan mulut.

Baca lainnya  Makan Malam Di Tahun Baru Imlek: Tradisi Mempererat Kebersamaan

Kesehatan liver meningkat

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa eugenol yang ditemukan dalam cengkih memiliki efek menguntungkan pada kesehatan hati. Sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa eugenol dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan. Studi tambahan menunjukkan bahwa eugenol juga dapat meringankan gejala sirosis hati. Namun perlu diperhatikan bahwa mengkonsumsi eugenol dosis tinggi dapat bersifat toksik, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan dosis yang tepat dan efektifitas eugenol pada cengkih.

Mengendalikan gula darah

Menurut sebuah penelitian, ternyata cengkeh memiliki beberapa senyawa keren yang bisa membantu mengatur kadar gula darah. Mereka melakukan beberapa percobaan pada hewan dan tabung reaksi pada tahun 2017 dan menemukan bahwa ekstrak cengkeh dan nigericin benar-benar dapat membantu sel menyerap gula darah dengan lebih baik, meningkatkan sekresi insulin, dan membuat sel penghasil insulin bekerja lebih baik.

Baca lainnya  Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Kesehatan tulang terjaga

Pengeroposan tulang dapat menyebabkan osteoporosis, tetapi penelitian dengan hewan menunjukkan bahwa cengkeh mungkin dapat membantu mencegah pengeroposan tulang dan membuat tulang lebih kuat. Secara khusus, cengkih memiliki mineral seperti mangan yang membantu dalam membangun tulang.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan