Tata Cara Mengolah Ubi yang Benar Sebagai Camilan Sehari-hari

Sahabat duma, kamu suka nyemil? Ya, siapa sih yang nggak suka camilan? Apalagi jika kita lapar di saat belum waktunya makan. Pasti akan merasa tersiksa sekali, bukan? Untungnya, ada lho camilan yang cukup mengenyangkan. Misalnya saja seperti ubi rebus. Selain bisa mengganjal perut, rasa manis ubi pastinya juga memanjakan lidah. Lalu, gimana sih cara mengolah ubi menjadi camilan yang nikmat? Terdapat tiga cara untuk mengolah ubi. Lihat yuk pembahasannya berikut ini!

Mengolah Ubi

Mengolah ubi via citraindonesia.com

Mengolah ubi via citraindonesia.com

1. Ubi Kukus

Mengolah ubi yang pertama adalah dikukus. Metode pengukusan merupakan salah satu cara untuk mengolah ubi menjadi camilan sehat. Untuk membuatnya, kita perlu mengupas ubi dan memotong-motongnya. Agar matang merata, usahakan potongan ubi berukuran sama, ya. Sementara itu, kita juga perlu menyiapkan dandang atau panci kukusan yang sudah diisi air.

Bila airnya sudah mendidih, kita bisa mulai mengukus ubi. Dibutuhkan waktu sekitar 15-20 menit hingga ubi matang. Namun, kisaran waktu juga bergantung pada ukuran ubi. Ketika sudah mengukus selama 12 menit, cobalah untuk mengecek kematangannya dengan garpu. Jika garpu sudah bisa menembus ubi, berarti ubi sudah siap santap.

2. Ubi Panggang

Kamu ingin menyantap ubi yang aromanya khas? Berarti ubi panggang wajib kamu coba nih. Ubi panggang dapat kita buat menggunakan oven maupun microwave. Jika menggunakan oven, kita harus memanaskan oven hingga 200˚C. Selain itu, kita juga perlu menyiapkan loyang yang dilapisi aluminium foil. Hal ini bertujuan agar ubi tidak lengket ketika diangkat. Sementara itu, ubi harus dicuci hingga bersih. Jika sudah, buatlah lubang pada permukaan ubi dengan bantuan garpu. Cukup tusukkan tiga atau empat kali pada sisi ubi yang berlainan. Pembuatan lubang berfungsi menjaga kelembapan ketika ubi dipanggang.

Baca lainnya  Intip Ragam Tepung dan Kegunaannya Dalam Berbagai Bahan Makanan

Ubi yang sudah dilubangi dapat ditempatkan di loyang untuk dipanggang. Dibutuhkan waktu sekitar 45-60 menit untuk memanggang ubi hingga empuk. Setelah dikeluarkan dari oven, letakkan ubi pada kain lap yang bersih. Agar daging ubi merenggang, kita perlu menggulingkan ubi serta menekannya dengan lembut.

Sementara itu, untuk cara pengolahan ubi dengan microwave juga mirip seperti oven. Permukaan ubi perlu disikat terlebih dahulu. Ubi juga harus ditusuk sebanyak 3-4 kali. Namun, untuk wadahnya, kita harus menggunakan mangkuk tahan microwave. Selain itu, setelah proses pemanggangan berjalan setengahnya, kita perlu membalik ubi. Hal ini bertujuan agar ubi matang secara merata. Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk memanggang ubi dengan microwave ialah 8-10 menit.

3. Ubi Goreng

Seperti bahan makanan lainnya, ubi juga bisa kita olah menjadi gorengan. Rasanya manis, krispi di bagian luar, serta lembut di bagian dalam. Berbeda dari ubi kukus dan ubi panggang, diperlukan bahan lain untuk menggoreng ubi. Diantaranya ialah tepung terigu, tepung beras, dan bubuk vanili. Adonan pelapis ini membuat rasa ubi goreng semakin nikmat. Ketika menggoreng, kita harus menggunakan api berukuran sedang. Jika sudah berwarna kecoklatan, kita dapat meniriskan dan menyajikannya.

Baca lainnya  [QUIZ] Dari Golongan Darah, DuMa Tahu Jajanan Jadul yang Kamu Suka!

Bagaimanapun cara mengolah ubi, baik itu menggorengnya, mengukusnya, maupun membakarnya tetap menjadi olahan cemilan yang lezat dan sehat asal diolah dengan cara yang benar.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan