3 Manfaat Ubi Ungu dalam Menurunkan Berat Badan yang Harus Kamu Ketahui

Tahukah kamu manfaat ubi ungu untuk kesehatan? Penelitian menyebutkan bahwa ubi ungu ternyata sangat membantu untuk program menurunkan berat badan. Berikut artikel lengkapnya ya!

Manfaat Ubi Ungu

ubi ungu via resepkoki.id

ubi ungu via resepkoki.id

1. Kaya akan Serat

Ubi ungu yang masih lengkap dengan kulitnya merupakan salah satu makanan yang tinggi serat. Bahkan dibanding dengan kentang lho! Ubi ungu lebih tinggi kandungan seratnya. Satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 4 gram serat. Jumlah tersebut sudah memenuhi 15 persen dari nilai harian asupan serat. Sementara dalam satu buah kentang ukuran sedang hanya mengandung 2 gram serat atau 9 persen dari nilai harian asupan serat. Tingginya kandungan serat dalam ubi ungu dapat membantu menurunkan berat badan.

Pasalnya, serat membuat kita merasa kenyang setelah makan dan menjaga nafsu makan. Ubi ungu juga mengandung jenis serat tertentu yang disebut pati resisten. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan jurnal Biomedical and Enviromental Science, diet yang kaya akan pati resisten membantu mengurangi risiko obesitas lho! Selain itu, asupan serat yang cukup juga dapat menjaga kadar kolesterol tetap rendah, melindungi dari dari penyakit kardiovaskuler, serta mengurangi risiko kenaikan gula darah.

Baca lainnya  Mengisi Liburan Sekolah #dirumahaja Bareng si Kecil

2. Mengandung Karbohidrat Kompleks

Satu buah ubi ungu ukuran sedang mengandung 28 gram karbohidrat kompleks. Sekilas hal tersebut mungkin tidak terdengar terlalu bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi karena rendah kalori dan tinggi nutrisi, ubi ungu dapat memberikan asupan energi tambahan yang menyebabkan kita membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan. Selain itu, kandungan karbohidrat sehat ini juga membantu otak memproduksi glukosa, yang dapat menjaga konsentrasi dan membuat fokus. Tentu, hal ini penting bagi kita supaya bisa tetap fokus menjalani diet.

3. Membantu Mengontrol Gula Darah

Warna ungu dari ubi ungu berasal dari senyawa yang disebut anthocyanin, yang diketahui memiliki sifat antioksidan kuat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menemukan bahwa kandungan anthocyanin dalam ubi ungu membantu menekan lonjakan gula darah setelah makan akibat resistensi insulin. Hal ini membuat ubi ungu memiliki manfaat untuk membantu mengelola kadar glukosa darah dan berpotensi mengurangi komplikasi penyakit diabetes.

Baca lainnya  Aneka Olahan Makanan Dari Kulit Ayam
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan